Ilustrasi Nama Chocolate. (Dok. Helena Yankovska dari Unsplash)

Hari Cokelat Sedunia, Yuk Coba Resep Nama Chocolate yang Mudah & Manis

07 July 2021   |   09:02 WIB

Bagi Genhype yang suka dengan kudapan manis yang terbuat dari cokelat bernama Nama Chocolate bisa jadi salah satu pilihan buat kalian! Umum ditemukan di Jepang, Nama Chocolate merupakan kudapan yang biasa dikonsumsi saat musim dingin.

Nama Chocolate sendiri memiliki tekstur yang lembut, kaya akan coklat, dan mudah meleleh ketika dimakan. Buat Genhype yang bingung membayangkannya, tekstur dan rasanya mirip dengan isian dari truffle khas Prancis yang berbentuk seperti ganache (kombinasi coklat dan krim hangat).

Sebelum memasak, Youtuber Namiko Chen dari Just One Cookbook memberikan tiga tips membuat Nama Chocolate sebelum memasak, di antaranya adalah pemilihan cokelat yang mengandung 100% mentega kakao, penggunaan krim kocok (gram/ml) dan cokelat (gram) dengan perbandingan 1:2, dan menggunakan alat-alat yang kering dan bersih.

Sekarang, simak bahan-bahan dan cara membuat dari Nama Chocolate ini yuk!

Bahan-bahan
400 gram dark chocolate (70% kakao) atau coklat semisweet berkualitas baik
200 ml heavy cream atau krim kocok (kandungan lemak 36-38%)
1 sendok makan minuman keras khusus hidangan penutup atau liqueur (opsional dan takaran bisa disesuaikan)
Bubuk coklat dutch-processed

Cara membuat
1. Siapkan semua bahan dan alat yang akan digunakan.

2. Potong cokelat menjadi kecil-kecil untuk mempercepat proses lelehan secara merata.

3. Lapisi loyang kue berukuran 20x20 cm dengan baking paper atau kertas panggangan. Pemilihan loyang punya pengaruh terhadap tinggi cokelat (semakin lebar loyangnya, tinggi cokelat akan semakin pendek).

4. Masukkan krim ke dalam panci kecil dan panaskan sampai hampir mendidih di api sedang. Aduk krim untuk memastikan panasnya merata dan perhatikan krim saat proses pemanasan.

5. Ketika gelembung di pinggir krim sudah muncul, matikan api.

6. Masukkan cokelat dan aduk dengan spatula silikon hingga tercampur rata dan tidak ada gumpalan yang terbentuk. Pastikan campuran cokelat terlihat halus. Jika memiliki liqueur, masukkan bahan tersebut dan aduk rata.

7. Tuang adonan ke loyang yang sudah disiapkan dan haluskan bagian permukaan dengan spatula. Ratakan campuran cokelat dengan mengetuk loyang ke meja selama beberapa kali agar adonannya merata. Dinginkan di dalam kulkas selama 4-5 jam sampai mengeras.

8. Setelah mengeras, keluarkan cokelat dan lepaskan kertas panggangan atau baking paper.

9. Rapikan bagian cokelat yang tidak merata dengan pisau.

10. Hangatkan pisau dengan handuk panas dan potong cokelat menjadi kotak-kotak dengan ukuran 3 cm. Jangan lupa untuk selalu membersihkan dan menghangatkan pisau setiap selesai memotong satu bagian untuk mendapatkan hasil potongan yang rapi dan halus.

11. Jika memiliki sisa cokelat yang kurang sempurna, simpan cokelat untuk dikonsumsi sendiri.

12. Tabur setiap cokelat dengan bubuk cokelat di bagian atasnya. Tapi jika Genhype ingin melapisi semua bagian dengannya, balur setiap cokelat dengan bubuk cokelat.

13. Sajikan di atas piring atau letakkan di dalam kontainer. 

Sebagai catatan saja, jangan lupa untuk menyimpannya di dalam kulkas agar enggak meleleh dan jika ingin mengonsumsinya, maka keluarkan Nama Chocolate dari kulkas dan biarkan selama 5-10 menit agar teksturnya cukup lembut untuk dikonsumsi.

Nama Chocolate bisa disimpan di dalam kontainer tertutup selama 4 hari di dalam kulkas atau dibekukan di dalam pendingin sampai satu bulan.

Jadi bagaimana, mudah bukan? Nama Chocolate bisa jadi kudapan untuk dikonsumsi sendiri atau bisa juga dijadikan kado cepat saji untuk teman-teman, keluarga, atau pasangan. Selamat mencoba!

Editor: M R Purboyo

SEBELUMNYA

2 Perupa Muda Indonesia Adakan Dwipameran di Selasar Sunaryo Art Space

BERIKUTNYA

Tim Project Parallel Universe Ngaku Punya Rencana B Agar IZ*ONE Debut Ulang

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: