Ilustrasi agen properti (sumber gambar : tierra/unsplash)

Tiga Pekerjaan Ini Bisa Jadi Usaha Sampingan Penghasil Cuan

28 July 2022   |   09:57 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Di tengah kebutuhan yang saat ini terus meningkat, kadang kala pendapatan tetap yang didapatkan setiap bulannya belum tentu bisa mencukupi semua kebutuhan. Untuk itu, ada dua hal yang harus dilakukan yaitu memperketat pengeluaran atau menambah penghasilan dari usaha atau pekerjaan sampingan.

Nah, jika Genhype ingin mendapatkan pekerjaan sampingan sambil tetap bekerja, ada beberapa pilihan yang bisa kalian coba.
 

Reseller/Dropshipper

Saat ini untuk menjadi reseller sangat mudah. Apalagi banyak pelaku usaha yang menawarkan peluang reseller bagi kalian yang ingin ikut mendapatkan penghasilan dengan menjual produknya. Biasanya seorang reseller ini diwajibkan membeli barang senilai harga tertentu kemudian mereka akan mendapatkan diskon atau potongan harga sekian persen sebagai keuntungan yang bisa didapatkannya.

Selain dalam bentuk reseller, tidak sedikit juga produsen yang menyediakan peluang sebagai dropshipper tetapi potongan yang dia dapatkan lebih kecil dibandingkan reseller.

Namun, kelebihannya, mereka tidak perlu mengeluarkan uang terlebih dahulu sebab hanya perlu mempromosikan produk atau barang dagangan tersebut. Adapun jika ada yang ingin membeli, tinggal langsung menghubungi produsen dan barang bisa langsung dikirim ke konsumen. Dropshipper akan mendapatkan keuntungan dari selisih harga.
 

Copy writter

Jika kalian memiliki keahlian dalam merangkai kata-kata melalui tulisan yang enak dibaca, maka kalian bisa untuk menawarkan jasa sebagai seorang copy writter atau penulis konten di perusahaan. Apalagi saat ini, rata-rata perusahaan memiliki website yang di dalamnya juga terdapat blog berisi tulisan tentang hal-hal yang terkait produk dan jasa mereka.

Nah, kalian bisa untuk membantu menuliskan konten yang ada di website tersebut. Akan tetapi, sebagai seorang penulis konten kalian harus kreatif sebab tulisan tersebut dibuat untuk tujuan promosi sehingga harus bisa memberikan informasi lebih jauh tentang produk yang dijual kepada masyarakat luas.

Namun di sisi lain, cara penulisannya pun harus dibuat lebih soft sehingga tidak terkesan menjual secara hard selling. Pembayaran yang diberikan kepada seorang content writter ini bisa tergantung dari jumlah artikel yang ditulis atau per proyek. 
 

Agen properti

Agen properti memang ada yang merupakan seorang agen perusahaan tetapi ada juga yang bekerja secara perorangan.

Muhammad Fithor, CEO Harmony Land Group mengatakan, agen properti perorangan ini memiliki posisi strategis dalam penjualan produk property karena mereka memiliki akses yang sifatnya lebih personal atau individual dalam jual beli properti.

Namun, agen properti perorangan ini tidak memiliki kepastian pendapatan bulanan. Memang, pada saat closing, pendapatannya bisa besar tetapi tidak setiap bulan bisa menjual produk properti. Untuk membantu para agen properti terutama agen individu untuk memperoleh kepastian pendapatannya sekaligus memperluas jangkauan pemasarannya,

Harmony Land Group menghadirkan aplikasi MaterDeal. Fithor yang juga pernah menjadi agen properti perorangan selama 2 tahun ini merasakan betul bagaimana perjuangannya untuk tetap berkelanjutan. “Ini yang mendorong kami untuk meluncurkan aplikasi MasterDeal,” ujarnya.

Aplikasi ini sekaligus mempertemukan agen rumah perorangan dari berbagai daerah dan berbagai profesi. "Mereka yang senang berjualan, mereka yang tinggal di Papua, Kalimantan atau wilayah lain bisa berjualan produk property di wilayah lain seperti Jakarta," ujarnya.

Fithor memastikan bahwa aplikasi ini juga bisa dimanfaatkan oleh non agen tetapi memiliki kegemaran berjualan. Produk yang dijual pun tidak harus property atau perumahan baru (dikelola pengembang), tetapi juga bisa rumah pribadi atau rumah second.

 
Editor: Roni Yunianto 

SEBELUMNYA

Anna Hamilton & Ndarboy Genk akan Gebrak Festival Musik #ManggungDi

BERIKUTNYA

Mark & Renjun Positif Covid-19, Konser NCT Dream di Seoul Batal

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: