Ilustrasi pekerja di perusahaan teknologi (sumber gambar : Tokopedia)

Tip dan Kiat Terhindar Dari Penipuan Lowongan Kerja

21 July 2022   |   21:07 WIB
Image
Dewi Andriani Hypeabis.id

Saat ini nggak sedikit anak muda atau fresh graduated yang bercita-cita untuk bekerja di perusahaan teknologi atau startup ternama. Ada beberapa alasan yang membuat generasi muda sekarang tertarik untukmemulai berkarir di perusahaan teknologi rintisan tersebut.

Pertama, suasana kerja di perusahaan startup terasa lebih nyaman bagi anak muda karena rasa kekeluargaan yang besar. Selain itu, juga memiliki desain kantor yang unik dan instagramable sehingga membuat kerja lebih enak. Beberapa bahkan menyediakan fasilitas menarik seperti tempat bersantai, tempat olahraga, ruang pantry yang nyaman dan lain sebagainya.

Hal lain yang membuat mereka tertarik adalah jam kerja yang lebih fleksible dan tidak terikat serta bekerja pun bisa dari mana saja ngga harus dari kantor.

Selanjutnya adalah perusahaan teknologi ini kerap memberikan pelatihan yang mendukung perkembangan skill para karyawannya.

Nah, salah satu perusahaan teknologi yang menjadi incaran adalah Tokopedia. Namun, kalian juga harus berhati-hati ya Genhype karena adanya penipuan lowongan pekerjaan yang kerap terjadi.

Untuk terhindari dari penipuan lowongan pekerjaan, khususnya yang mengatasnamakan Tokopedia ada sejumlah tip dan kiat yang disampaikan oleh Head of Recruitment Tokopedia, Lita Rosalia:
 

Ilustrasi perusahaan startup/ Freepik

Ilustrasi perusahaan startup/ Freepik

1.      Pastikan Posisi Ada di Kanal Resmi

Jika menerima tawaran pekerjaan yang mengatasnamakan perusahaan startup tersebut, pastikan posisi yang ditawarkan ada di kanal resmi perusahaan.

Sebab, biasanya jika ada lowongan pekerjaan, perusahaan juga akan mencantumkannya di website resmi, atau media sosial seperti instagram, atau LinkedIn. Jika tidak ada, maka perlu lebih waspada dan berhati-hati.

2.      Perhatikan Alamat Pengirim Email

Biasanya perusahaan teknologi ini memiliki alamat email resmi dengan domain nama perusahaan seperti Tokopedia yang hanya akan mengirimkan email dari domain @tokopedia.com. Jika menerima email dari domain lain seperti @tokopedia.co.id, @gmail.com dan lain-lain, maka harus diwaspadai karena sudah pasti itu bukan lowongan resmi dari perusahaan.

3.      Hati-hati Link Phising

Saat menerima pesan dari perekrut, baik melalui email, SMS, WhatsApp atau kanal lainnya, Genhype harus lebih berhati-hati lah terhadap link penipuan atau phising.

“Jangan asal klik link yang diterima melalui pesan dari perekrut yang mengatasnamakan Tokopedia. Pastikan dahulu perekrut adalah betul dari pihak Tokopedia,” jelasnya.

4.      Curigai Jika Ada Pungutan 

Saat membuka lowongan pekerjaan, perusahaan tidak melakukan pungutan. Begitu pula dengan Tokopedia yang tidak pernah memungut biaya apapun selama proses rekrutmen. Maka kalian harus berhati-hati jika ada pihak yang mengatasnamakan Tokopedia dan meminta biaya saat proses perekrutan. "Proses rekrutmen di Tokopedia 100 persen gratis,” ucapnya.

5.      Penawaran Gaji Pasti lewat Email Resmi

Tokopedia tidak pernah mencantumkan nominal gaji saat menawarkan pekerjaan, apalagi lewat pesan singkat. “Penawaran gaji hanya akan disampaikan saat kandidat lulus dari berbagai tahapan seleksi. Surat penawaran juga akan diberikan lewat email resmi dengan domain @tokopedia.com,” tuturnya.

Nah, jika kalian melihat atau menerima penawaran kerja yang mengatasnamakan Tokopedia namun mencurigakan, masyarakat dapat melaporkan melalui [email protected]

Editor: M R Purboyo
SEBELUMNYA

Ariel Noah & GoSend Remake Lagu Ada Apa Denganmu

BERIKUTNYA

Ini Tantangan Saat Melakukan Perjalanan Internasional Terkini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: