Cuplikan film Ghost Writer 2 (Sumber gambar: Starvision)

Debut jadi Sutradara, Ini Tantangan Muhadkly Acho Garap 'Ghost Writer 2'

14 July 2022   |   09:00 WIB

Film Ghost Writer 2 menjadi debut komika Muhadkly Acho sebagai sutradara. Film bergenre horor-komedi ini merupakan sekuel dari Ghost Writer yang dirilis pada 2019 lalu. Sebagai proyek film perdananya, Acho pun mengaku sempat merasa terbebani.

Pasalnya, pada bagian pertamanya, film Ghost Writer yang dirilis pada 2019 disutradarai oleh Bene Dion Rajagukguk dan berhasil mendatangkan sebanyak 1,1 juta lebih penonton di bioskop.

"Ini memang proyek beban. Ketika pertama kali saya dipercaya, hal yang saya tanyakan ke Pak Parwez [Starvision] adalah, bapak yakin saya? Cuma karena beliau yakin, jadi buat saya kesempatan ini enggak boleh disia-siakan karena enggak semua orang bisa mendapatkan kesempatan ini," kata Acho saat konferensi pers di Jakarta, baru-baru ini.
 

Muhadkly Acho jadi sutradara di film Ghost Writer 2 (Sumber gambar: Poplicist ID)

Muhadkly Acho jadi sutradara di film Ghost Writer 2 (Sumber gambar: Poplicist ID)

Meski awalnya merasa terbebani, Acho pun mengatakan bahwa dirinya justru merasa tertantang dengan kepercayaan yang diberikan kepadanya, dan dia berusaha untuk menggarap film Ghost Writer 2 dengan maksimal. 

"Kebetulan juga memang support-nya dari Ernest dan Bene juga lanjut terus dari fillm pertama. Jadi sebetulnya nyaris seperti tidak ada perbedaan karena timnya masih yang sama, dan ada perubahan formasi aja," imbuhnya.
 

Proses pengembangan cerita

Acho pun mengatakan bahwa dalam proses pengembangan cerita, film Ghost Writer 2 tak hanya menyajikan plot horor-komedi, namun dia juga cukup memberikan porsi yang besar dalam unsur dramatiknya tentang drama keluarga. Meski kemasannya film horor-komedi, kata Acho, dia tetap menarik benang merah cerita permasalahan filmnya berawal dari konflik keluarga. 

"Harapannya orang yang nonton itu bukan cuma puas debar-debar adventure-nya, bukan cuma puas ketawa karena komedinya, tapi harapannya ada after taste yang mereka rasakan bahwa film horor juga bisa kok menyisakan kesan yang hangat buat penontonnya," tutur Acho.

Proses penggarapan film Ghost Writer 2 pun dimulai sejak akhir tahun 2019. Sejak awal, Acho telah memformulasikan cerita film ini agar tidak terkesan dipaksakan dari sekuel pertamanya. Dalam hal ini, Acho mencoba untuk melanjutkan kisah karakter Naya (Tatjana Saphira) yang menurutnya menjadi awal plot dari cerita film ini.

"Plot itu bergerak dari Naya. Jadi setelah Naya sukses dengan bukunya itu ada efek lain ke kehidupan Naya dan itu merembet kemana-mana sampai ada petualangan juga. Dari situlah kami berangkat," kata Acho.

Cerita film Ghost Writer 2 sendiri berangkat dari karakter Naya yang diperankan Tatjana Saphira, seorang penulis sukses menerbitkan novel horor hingga membuatnya terkenal. Sayangnya, dia justru lebih dikenal sebagai cenayang daripada penulis.

Hal ini membuat Naya jengah dan enggan berurusan dengan dunia perhantuan lagi. Namun, semuanya berubah saat tunangannya, Vino (Deva Mahenra), tiba-tiba meninggal.

Selain kembali menampilkan Tatjana Saphira dan Deva Mahenra, film Ghost Writer 2 juga dibintangi oleh sederet aktor kenamaan di antaranya Widyawati Sophiaan, Minati Atmanagara, Donny Alamsyah, Kiki Narendra, Endy Arfian, Moh Iqbal Sulaiman, Annisa Hertami, Ernest Prakasa, Asri Welas, Ernest Prakasa, Muhadkly Acho, Arief Didu, Sahila Hisyam, Tanta Ginting dan Djenar Maesa Ayu.

Film Ghost Writer 2 akan tayang di bioskop Tanah Air pada 21 Juli 2022.
 



Editor: Roni Yunianto


 
SEBELUMNYA

Ardhito Pramono Mengeksplorasi Elemen Nusantara dalam Album 'Wijayakusuma'

BERIKUTNYA

Punya Sisa Daging Kurban? Yuk Coba Resep Rawon ala Chef Devina Hermawan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: