Menyambut tahun ajaran baru menjadi momen bagi orang tua untuk memberikan semangat kepada anak. (Sumber gambar: Max Fischer)

6 Perlengkapan yang Perlu Disiapkan sebelum Anak Kembali Sekolah

13 July 2022   |   16:09 WIB

Menyambut tahun ajaran baru menjadi momen penting bagi orang tua untuk memberikan semangat kepada anak. Setelah berlibur dan menghabiskan waktu bersama keluarga untuk merayakan kenaikan kelas, tiba saatnya anak-anak memulai kembali hari-harinya di sekolah. 

Menghadirkan lagi semangat anak untuk kembali ke sekolah menjadi aspek penting dalam memulai tahun ajaran baru. Hal ini dikarenakan belajar merupakan gerbang awal anak untuk mengeksplorasi hal baru. Selain itu, belajar secara aktif juga menjadi bekal penting saat anak dewasa nanti. 

Lantas, persiapan memainkan peranan vital bagi orang tua serta anak khususnya dalam menyambut tahun ajaran baru. Terdapat ragam cara agar si buah hati kembali bersemangat dan giat belajar di sekolah, salah satunya adalah dengan menyediakan peralatan sekolah dan pendukungnya. 

Berikut adalah 6 kebutuhan sekolah untuk membantu mereka belajar dengan lebih baik pada tahun ajaran baru, menurut rilis dari Shopee yang diterima Hypeabis.id, Rabu (13/7/2022). 

Baca Juga : Sebelum Anak Kembali Ke Sekolah, Yuk Siapkan Fisik & Mentalnya 
 

1. Alat Tulis

Alat tulis merupakan benda mutlak yang harus dimiliki oleh siswa, supaya dapat mencatat dan merekam ilmu yang dibagikan oleh guru di kelas untuk kemudian dipelajari kembali. Selain untuk itu, alat tulis juga mampu merangsang kreativitas dalam memvisualisasikan pelajaran supaya lebih mudah diingat.

Misalnya, pulpen warna atau stabilo yang dapat digunakan untuk memberi warna berbeda pada hal-hal penting ketika mencatat. Selain itu, bagi anak yang lebih menyukai belajar visual, bisa juga menjadi sarana menggambar ilustrasi untuk membuatnya lebih mudah diingat. Menggunakan krayon yang memiliki beragam warna juga dapat memfasilitasi anak untuk berkreativitas dalam kegiatan belajarnya.
 

2. Buku Tulis

Buku tulis juga penting sebagai media untuk mencatat dan mengerjakan tugas latihan serta pekerjaan rumah (PR) yang diberikan oleh guru. Ada berbagai ukuran dan jenis buku tulis, seperti bergaris, polos, dan kotak-kotak.

Oleh karena itu, orang tua harus paham jenis buku tulis apa saja yang dibutuhkan anak untuk belajar di sekolah. Memisahkan antara buku catatan dengan buku latihan juga menjadi langkah yang tepat agar anak tidak kebingungan saat belajar. 
 

3. Tas Sekolah

Tas sekolah juga menjadi kebutuhan yang tidak boleh terlewatkan. Apalagi, jika anak-anak sudah beranjak ke kelas yang lebih tinggi, di mana barang bawaan yang diperlukan semakin banyak serta membutuhkan ruang yang lebih besar ukurannya.

Agar lebih menarik, orang tua juga bisa libatkan anak untuk memilih bersama-sama tas yang sesuai dengan kebutuhan. Upaya ini juga bisa menjadi bentuk bonding sekaligus melatih anak untuk membuat keputusan sendiri.  
 

Agung Pandit Wiguna

Ilustrasi anak sekolah (Sumber gambar: Agung Pandit Wiguna/Pexels)


4. Masker

Pada situasi pandemi yang masih berlangsung, orang tua juga harus tetap memastikan bahwa anak-anak dapat belajar dengan aman dan nyaman di sekolah. Saat ini, penggunaan masker masih wajib untuk digunakan, terutama di ruang tertutup seperti ruang kelas.

Oleh sebab itu, masker merupakan kebutuhan esensial bila anak akan kembali ke sekolah, agar dapat belajar dan bersosialisasi dengan aman dan orang tua pun tenang. Pastikan orang tua untuk menyediakan masker yang nyaman digunakan selama belajar. Jangan lupa membawakan masker cadangan juga di dalam tas anak.
 

5. Sepatu Sekolah

Dalam memilih sepatu sekolah anak, orang tua perlu mempertimbangkan berbagai hal. Selain sepatu yang sesuai dengan aturan sekolah, kualitas dan kenyamanan juga menjadi perhatian agar anak dapat melakukan aktivitas dengan nyaman. Bukan tidak mungkin, dengan sepatu yang nyaman, anak bisa jadi lebih bersemangat untuk sekolah.
 

6. Smartwatch Anak 

Kini, orang tua dapat mempertimbangkan penggunaan smartwatch atau jam tangan pintar untuk anak-anak ketika bersekolah. Perangkat ini bukan hanya sebagai penanda waktu saja. Adanya konektivitas bluetooth, WiFi, bahkan SIM Card bisa digunakan sebagai sarana komunikasi anak dengan orang tua, sehingga mempermudah untuk mengawasi si kecil saat mereka sedang ada di sekolah. 

Editor : Syaiful Millah 
SEBELUMNYA

Yuk Intip Modal Awal dan Keuntungan Bisnis Kemitraan Teh Buah Menantea Milik Jerome Polin

BERIKUTNYA

10 Kata untuk Memotivasi Karyawan Biar Tambah Semangat Kerjanya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: