Daun perilla sering menjadi pendamping kuliner daging Korea. (Sumber gambar : istockphoto/Im Youngsik)

Bisa Tangkal Kanker, Cek 5 Manfaat Daun Perilla

14 June 2022   |   16:57 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Daun perilla seringkali menjadi pendamping makanan di restoran Korea Selatan, khususnya ketika sajian yang dihadirkan berupa daging merah. Mau dimakan mentah atau direbus terlebih dahulu, daun ini memiliki rasa yang pedas seperti mint dan manis, terkadang pahit.

Pada pengobatan Tiongkok daun ini dipakai untuk mengobati berbagai macam penyakit. Selain itu daun perilla atau juga disebut basil tiongkok ini juga dimanfaatkan sebagai sayuran dan bumbu untuk memberi warna dan rasa pada banyak hidangan. 

Daun ini mengandung kalori, karbohidrat, serat, kalsium, zat besi, vitamin C, lemak, hingga antioksidan yang pastinya sangat bermanfaat untuk kesehatan. Selain menjadi pembungkus daging untuk kuliner Korea, daun perilla juga menjadi salah satu bahan salad dan pelengkap minuman dingin, seperti mojito atau cocktail.

Baca jugaCek 6 Khasiat Daun Eucalyptus, Cegah Pilek hingga Relaksasi

Nah, berikut manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika mengonsumsi perilla frutescens var. crispa yang juga dikenal dengan shiso dalam bahasa Jepang.  


1. Tangkal kanker

Mengutip Hellosehat, zat perillyl alcohol dalam daun perilla bermanfaat untuk pengobatan kanker. Zat ini dapat menghambat perkembangan tumor pada kanker kulit. 

Baca juga3 Manfaat Daun Talas untuk Kesehatan

Pada penelitian yang terbit di International Journal of Nanomedicine juga disebutkan bahwa zat perillyl alcohol dapat meningkatkan peluang hidup pada hewan ujicoba pengidap kanker hingga 80 persen. 

Sementara itu, ekstrak daun dan biji perilla diketahui memiliki sifat antioksidan karena komponen fenolik yang ada di dalamnya. Antioksidan akan membantu menurunkan risiko kanker, maupun penyakit metabolik lainnya seperti jantung.


2. Atasi penyakit autoimun

Penelitian dari University of Maryland Medical Center menggolongkan daun perilla sebagai sumber makanan tinggi asam omega-3. Omega-3 sejak lama dikenal untuk mengelola gejala penyakit autoimun seperti rheumatoid arthritis, lupus, dan asma.

Suplem minyak biji perilla juga menghambat pindahnya sel darah putih ke paru-paru serta membantu mencegah anafilaksis atau reaksi alergi parah.


3. Obati penyakit ginjal

Mengutip Good Doctor, rebusan daun perilla yang diminum menghasilkan penurunan proteinuria dan jumlah sel-sel glomerulus dan sel proliferatif inti antigen-positif pada hewan dengan glomerulonefritis mesangialproliferative. Glomerulonefritis merupakan penyakit ginjal yang disebabkan oleh peradangan saringan kecil dalam ginjal. 
 

4. Meredakan stres

Pada penelitian yang terbit di Journal Molecules 2018, senyawa fenolik dalam daun perilla dapat menimbulkan efek antidepresan. Senyawa ini juga dapat menghambat gangguan pemrosesan emosi yang dihasilkan oleh stres di otak.


5. Melembut hingga atasi radang kulit

Daun shiso merah kaya akan kandungan ceramide yang berfungsi untuk menjaga kelembutan kulit. Selain itu, daun ini dipercaya dapat mengobati penyakit radang kulit seperti dermatitis atopik ataupun alergi. Pada daun shiso merah terdapat kandungan asam rosmarinic yang baik untuk mencegah alergi dan inflamasi pada kulit tersebut. 


Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Kabar Buggy Jadi Yonko dalam Cerita One Piece Bikin Heboh Fans Manga Jepang

BERIKUTNYA

Apa Itu Kanker Kepala & Leher? Ini Penjelasan dan Pencegahannya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: