Ilustrasi orang tua (Sumber gambar: Unsplash - JD Mason)

Jangan Asal Menitipkan Manula ke Caregiver, Ini Alasannya

22 June 2022   |   17:01 WIB

Hal-hal Menyakiti

Di dalam penelitiannya, Attracta mengungkapkan sebanyak 36,8% para caregiver mengaku sering melakukan hal-hal yang berpotensi menyakiti manula yang ditanganinya, dan hanya 17% yang mengaku jarang melakukannya.

Lebih lanjut, 35,9% tindakan abusif yang dilakukan caregiver berpotensi mengakibatkan gangguan psikologis terhadap manula, dan 8% lainnya berpotensi mengakibatkan luka fisik terhadap manula yang ditanganinya.

“Bentuk kekerasan yang paling sering dilakukan adalah verbal, seperti berbicara dengan nada tinggi dan kasar, menghina dan mengumpat pada manula, atau memanggil mereka hanya dengan nama saja,” ungkap Attracta.

Profesor Human Development di Center for Gerontology Virginia Tech, Pamela Teaster, mengatakan kekerasan terhadap manula yang dilakukan oleh caregiver harus dideteksi sejak dini agar tidak berujung pada tindakan kriminal atau hal merusak lainnya.

Menurutnya, salah satu penyebab utama tindakan abusif yang dilakukan caregiver adalah tingkat kesejahteraan mereka yang rendah. “Orang yang merasa tidak sejahtera, cenderung melampiaskan masalahnya pada orang lain,” jelasnya.
 

Cara Mengatasi

Dia berpendapat untuk mengatasi masalah caregiver abusif, hal yang harus dilakukan adalah memberi kecukupan ekonomi pada mereka. Selain itu juga dengan membekali mereka melalui kelas-kelas formal untuk merawat manula.

“Saat kita mau punya anak, kita mengikuti kelas-kelas parenting. Sayangnya, tidak banyak orang yang rela meluangkan waktu untuk memperkaya diri dengan pengetahuan mengenai cara merawat keluarga yang telah lanjut usia,” sambungnya.

Editor: Dika Irawan
1
2


SEBELUMNYA

Mengenal Konsep Kyosho Jutaku, Rumah Minimalis dari Jepang

BERIKUTNYA

5 Menu Unik Khas Jakarta, Cobain Resepnya Yuk!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: