Monas sebagai ikon kota Jakarta (Sumber gambar: Rifki Kurniawan/Unsplash)

Selamat Ulang Tahun Ibu Kota! Simak Makna Logo HUT Jakarta ke-495

22 June 2022   |   09:24 WIB

Setiap 22 Juni diperingati sebagai hari ulang tahun Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta. Tahun ini, Jakarta merayakan hari jadinya ke-495 tahun. Pemerintah provinsi (Pemprov) DKI Jakarta pun telah menyiapkan sejumlah acara dan kegiatan untuk menyambut hari jadi ibu kota.

Pada perayaan ulang tahun kali ini, Pemprov DKI Jakarta mengusung tema Jakarta Hajatan. Tema ini dipilih sebagai jenama berkelanjutan yang melingkupi ragam perayaan ulang tahun Jakarta yang dilakukan oleh masyarakat dan pemerintah. Kata 'hajatan' sendiri bermakna resepsi atau selamat akan suatu pencapaian.
 

Makna Logo Utama

Dalam logo HUT Jakarta, disematkan angka 495 sebagai representasi usia kota saat ini. Bila ditelisik lebih dalam, setiap unsur yang terkandung dalam logo, memberi makna sekaligus pesan akan pencapaian kota Jakarta yang telah-sedang-dan terus dilakukan. Hal ini, menunjukkan pesan akan upaya akselerasi kota yang terus mengelevasi diri dalam, manusia, budaya, dan pembangunan lainnya.
 
Beberapa pencapaian pembangunan kota Jakarta yang ditampilkan antara lain Jakarta International Stadium (JIS), Kota Digital, Kereta Cepat, Kejuaraan Mobil Listrik, Bus Listrik, hingga beberapa elemen ikonik lainnya seperti Emas Monas, Patung Selamat Datang, Bundaran HI dan Ondel-ondel.
 

Sumber gambar: Laman resmi Jakarta Plus

Sumber gambar: Laman resmi Jakarta Plus

Warna utama dari logo ‘495’ pun menggunakan enam warna menor yang terinspirasi dari karakter kotanya. Setiap warna mewakili makna atas pencapaian kota Jakarta. 

Warna hijau dimaknai harmoni dan menunjukkan masyarakat Betawi dapat hidup berkolaborasi dengan suku lain, warna biru abang yang mewakili pergerakan masyarakat Jakarta yang berdampingan, berdesakan, dan saling terkoneksi, serta warna kuning gigi balang yang melambangkan Jakarta berbakat dalam bisnis menuju Kota Global.

Ada juga warna jingga yang mewakili semangat kerja keras yang dijalani di dalam kota Jakarta, warna pink none yang melambangkan semangat yang cerah atau kontras dari masyarakat kota Jakarta, serta warna biru pesisir yang melambangkan Jakarta dengan acara internasional yang diselenggarakan di Jakarta.
 

Arti tagline HUT Jakarta

Selain logo, HUT Jakarta ke-495 juga menyematkan tagline Kolaborasi, Akselerasi dan Elevasi. Kolaborasi berarti merayakan identitas sekaligus semangat Jakarta sebagai Kota Kolaborasi, akselerasi menunjukkan upaya kota Jakarta untuk terus maju, serta elevasi menjadi visi Jakarta yang terus bertumbuh di kancah global.

Ketiga tagline ini menjadi pesan optimisme sekaligus bukti bagi seluruh elemen kota dan dunia akan ragam usaha yang telah, sedang dan akan dilakukan di masa mendatang, sebagai upaya menghadapi berbagai isu yang terjadi.
 

Rangkaian acara HUT Jakarta

Dalam rangka merayakan HUT Jakarta, sejumlah rangkaian acara dan kegiatan pun telah dipersiapkan sejak 24 Mei hingga 25 Juni mendatang. Pada minggu terakhir perayaannya, ada sejumlah acara yang bisa dinikmati seperti dilansir dari akun Instagram Jakarta Hajatan.

20-25 Juni 2022: Pekan Gerakan Jakarta Sadar Sampah yang diikuti oleh seluruh rukun warga (RW) di Jakarta.

22 Juni 2022: Upacara HUT ke-495 Jakarta di Plaza Selatan Monas, Malam Resepsi Jakarta Hajatan di Balairung Balai Kota Pemprov DKI Jakarta, Sidang Paripurna DPRD dan Rapat Kerja Gubernur Jabodetabekjur.

23-25 Juni 2022: Puskesmas Expo 2022 di Hotel Bidakara Pancoran dan Launching Aplikasi Mobile Learning secara daring.

25 Juni 2022: Malam Puncak Jakarta Hajatan ke-495 dan Jakarta Award di Jakarta International Stadium (JIS).

26 Juni 2022: Bazaar di Car Free Day (CFD) di Sudirman-Thamrin.

Editor: Dika Irawan 
SEBELUMNYA

Sekuel Film The Witch Akan Tayang di Bioskop pada Juni 2022

BERIKUTNYA

Khusus Hari ini, Naik Transjakarta & LRT Gratis

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: