Karimunjawa memiliki banyak spot diving dan snorkeling menarik yang bisa dieksplorasi (Sumber gambar: Karimunjawa Trip/Instagram)

Kuy ke Karimunjawa! Ini 10 Rekomendasi Destinasi Wisata yang Wajib Dicoba

20 June 2022   |   18:52 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

6. Pantai Anora

Berlokasi sekitar 7 kilometer dari Pelabuhan Karimunjawa, Pantai Anora memiliki hamparan pasir berwarna kuning kecoklatan yang dikelilingi oleh perbukitan hijau. Meski ombaknya tidak begitu kuat, sayangnya pantai ini kurang ideal untuk bermain air atau berenang karena banyaknya bebatuan karang di sekitar pantai. Sebagai alternatif, kalian bisa menikmati pantai sembari berfoto, bermain ayunan atau bersantai di bangku-bangku yang telah disediakan di pinggir pantai.
 

7. Hutan Mangrove Karimunjawa

Secara lokasi, hutan mangrove satu ini sebenarnya terbagi menjadi dua yakni satu sisi dari wilayah Pulau Karimunjawa dan satu sisi lagi masuk wilayah Pulau Kemujan. Namun, untuk menikmati hutan mangrove ini, disarankan untuk memulainya dari Pulau Kemujan. Menariknya, di tempat ini ada sebuah gardu pandang yang cukup tinggi, sehingga kalian bisa menikmati hamparan hutan mangrove, bukit-bukit hijau, serta lautan Karimunjawa.
 

Salah satu spot wisata di Karimunjawa (Sumber gambar: Karimunjawa Trip/Instagram)

Salah satu spot wisata di Karimunjawa (Sumber gambar: Karimunjawa Trip/Instagram)


8. Kampung Bugis

Selain orang-orang dari suku Jawa, Karimunjawa juga banyak dihuni oleh Suku Bugis. Saat berkunjung ke Karimunjawa, kalian akan melihat rumah-rumah panggung khas Suku Bugis yang digunakan sebagai tempat tinggal untuk warga. Tak hanya sebagai tempat tinggal, beberapa rumah panggung itu pun disewakan untuk pengunjung sebagai homestay yang ingin merasakan sensasi tinggal di rumah khas Suku Bugis.
 

9. Pantai Batu Putih

Terletak di Dusun Jelamun, Desa Kemujan, Kepulauan Karimunjawa, Pantai Batu Putih menawarkan pantai yang indah dengan bongkahan bebatuan laut dengan ujung berwarna putih. Dengan bentangan lautnya dan hamparan pasir putihnya, pantai ini menawarkan suasana yang menenangkan sehingga cocok sebagai tempat untuk melepas penat dari rutinitas sehari-hari.
 

10. Island Hopping Pulau Cemara, Pulau Tengah, Pulau Cilik

Jika durasi liburan kalian cukup panjang, cobalah untuk mengeksplorasi beberapa pulau seperti Pulau Cemara, Pulau Tengah dan Pulau Cilik. Selain menikmati pemandangan yang ciamik, beberapa pulau ini juga menawarkan spot diving dan snorkeling terbaik dan telah mendunia. Pulau-pulau ini memiliki beragam terumbu karang, ikan serta biota laut yang menarik untuk dieksplorasi.

Editor: Fajar Sidik
1
2


SEBELUMNYA

Simak Penjelasan, Gejala, dan Pencegahan Penyakit Neuropati Perifer

BERIKUTNYA

10 Ekstensi Google Chrome yang Wajib Kalian Punya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: