Gelas kertas jadi alternatif untuk menghindari kemasan plastik pada minuman (Sumber gambar: Angela Roma/Pexels)

Merek Minuman Ini Luncurkan Kemasan Ramah Lingkungan, Enggak Pakai Tutup!

17 June 2022   |   20:21 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Saat ini, banyak perusahaan yang ambil bagian dalam upaya bisnis ramah lingkungan dan berkelanjutan, Chatime, misalnya, baru saja meluncurkan Chatime Eco Cup, alternatif kemasan minuman kekinian ramah lingkungan di seluruh gerainya di Indonesia, Jumat (17/6/2022). Peluncuran ini merupakan salah satu inisiatif dari program Chatime CommuniTea.

General Manager Marketing F&B ID Lany Cucu menjelaskan selain menggunakan bahan ramah lingkungan yakni terbuat dari kertas, Chatime Eco Cup didesain dengan tutup yang terintegrasi dengan gelas untuk menghindari penggunaan tutup terpisah, sehingga dinilai lebih sederhana dan meminimalisir penggunaan plastik.

Selain itu, kemasan minuman ini juga memiliki desain khusus untuk mencegah cipratan dan tumpahan minuman yang mungkin terjadi pada gelas biasa. Hal ini juga dinilai lebih efisien dan dapat menjadi solusi bagi konsumen yang memiliki mobilitas tinggi.

(Baca juga: Chatime Daur Ulang Limbah Gelas Plastik Jadi Kain Fiber)
 

Chatime Eco Cup (Sumber gambar: Chatime Indonesia)

Chatime Eco Cup (Sumber gambar: Chatime Indonesia)

Penyajian minuman dengan kemasan ramah lingkungan ini pun terbilang cukup mudah, yaitu hanya dengan mendorong kedua sisi pada area tutup gelas. Setelahnya, konsumen dapat langsung minum melalui salah satu dari kedua ujung corongnya.

Adapun, eco cup ini tersedia secara nasional dengan metode pembelian langsung di gerai dan dapat digunakan untuk seluruh varian minuman, baik panas maupun dingin. Konsumen juga bisa dengan bebas menambah jenis topping, menentukan takaran gula, dan jumlah es yang diinginkan. Selain itu, konsumen juga bisa mendapatkan potongan harga senilai Rp 2.000 dengan menggunakan kemasan tersebut.

"Kami terus melanjutkan kontribusi positif terhadap lingkungan, kali ini dengan peluncuran Chatime Eco Cup. Harapannya, para konsumen bisa menikmati minuman dengan gaya dan kemasan baru yang eco-friendly," ujar Lany dalam siaran pers yang diterima Hypeabis.id, Jumat (17/6/2022).

Selain meluncurkan kemasan ramah lingkungan, Chatime juga terus mengajak para konsumennya untuk mengumpulkan gelas plastik ke dalam drop box #GerakanSapuPlastik yang tersebar di 21 gerai Chatime di Jakarta, Tangerang dan Depok.

Sebagai informasi, kampanye #GerakanSapuPlastik merupakan inisiatif perdana dari program Chatime CommuniTea yang dimulai pada awal tahun 2022. Selama periode Maret-Mei 2022, Chatime bersama Plasticpay telah berhasil mengumpulkan sebanyak 180 kilogram sampah plastik melalui gerakan ini.

Gelas plastik yang terkumpul nantinya akan dihancurkan menjadi butiran, lalu diproses menjadi Recycled Polyester Staple Fiber (Re-PSF), bahan kain fiber daur ulang ramah lingkungan berkualitas tinggi.

Re-PSF tersebut nantinya akan disalurkan ke pelaku usaha mikro, kecil dan menengah untuk dikreasikan menjadi berbagai macam produk daur ulang berkualitas tinggi, mulai dari tas, dompet, sajadah, hingga tempat tidur hewan peliharaan.

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

KAHITNA Gelar Konser Rayakan Hari Jadi ke-36, Ada Dua Tema Konser yang Disajikan

BERIKUTNYA

Golden State Warriors Juara NBA 21-22, Stephen Curry Sabet Piala MVP Pertamanya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: