Bibir mudah kering karena tidak memiliki kelenjar minyak untuk menjaga kelembapannya (Sumber gambar: Shvets Production/Pexels)

4 Tip Mudah untuk Mengatasi Bibir Kering

13 June 2022   |   22:14 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Bibir merupakan bagian tubuh yang tidak memiliki kelenjar minyak untuk menjaga kelembapannya. Dengan kondisi itu, bibir menjadi rentan pecah-pecah atau kering karena berbagai faktor mulai dari paparan sinar matahari, angin atau udara dingin. Oleh karenanya, penting untuk menjaga bibir agar tetap lembap dan tidak kering.

Berbeda dengan bagian kulit lainnya, bibir tidak memiliki melanin, pigmen yang membantu melindungi kulit dari sinar matahari sehingga rentan terkena sunburn yang dapat mengakibatkan bibir menjadi kering dan pecah-pecah. Kondisi ini tentu bisa membuat rasa tidak nyaman dan mengganggu penampilan.

Melansir dari Medical News Today, Senin (13/6/2022), berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi bibir kering.
 

1. Minum air yang cukup

Dehidrasi adalah penyebab utama bibir kering dan pecah-pecah. Banyak orang yang mungkin tidak menyadari ketika mereka sedang mengalami dehidrasi, sehingga ada baiknya untuk membiasakan minum air yang cukup setiap harinya.

Saat tubuh mengalami dehidrasi, tubuh menarik air dari area tertentu untuk memastikan sel tetap terhidrasi. Hal ini dapat menyebabkan kekeringan pada kulit, termasuk pada bibir.
 

2. Masker madu

Madu memiliki sifat anti inflamasi dan penyembuhan luka. Madu dapat membantu melembapkan bibir dan melindunginya dari pecah-pecah yang disebabkan infeksi. Selain itu, madu juga berfungsi sebagai eksfoliator ringan yang dapat membantu menghilangkan kulit mati dan kering dari bibir.
 

Madu bisa membantu mengatasi kondisi bibir yang kering (Sumber gambar: Pixabay/Pexels)

Madu bisa membantu mengatasi kondisi bibir yang kering (Sumber gambar: Pixabay/Pexels)


3. Scrub bibir alami

Eksfoliasi juga bisa jadi cara yang baik untuk mengatasi bibir kering. Sebab, eksfoliasi dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit mati yang membuat lip balm sulit mencapai lapisan bibir dan melembapkannya.

Kamu bisa membuat sendiri scrub bibir dari bahan alami yang ada di rumah. Dengan menggunakan gula atau garam sebagai bahan eksfoliasi, serta madu atau minyak sebagai emolien.

Campurkan dua bahan tersebut dalam wadah, lalu oleskan ke bibir dengan menggunakan kapas secara lembut. Setelah itu, bersihkan sisa scrub dengan menggunakan lap basah yang bersih. 
 

4. Gel lidah buaya

Lidah buaya memiliki sejumlah kegunaan dan paling dikenal sebagai obat rumahan untuk luka bakar. Sifat anti inflamasi dan efek menenangkan dari lidah buaya menjadikannya pilihan tepat untuk merawat bibir yang kering.

Sebaiknya, gunakan lidah buaya organik dalam bentuk gel, atau bisa juga menggunakan lidah buaya segar dari daun tanaman lidah buaya. Untuk menggunakannya pada bibir, potong daun tanaman lidah buaya dan iris terbuka untuk mengambil gelnya. Simpan dalam wadah, dan oleskan gel ke bibir dengan jari.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Cek Fakta-Fakta Subvarian Omicron BA.4 & BA.5 yang Mulai Terdeteksi di Indonesia

BERIKUTNYA

Tahan Banting dari Ketinggian, Jedai Haircules Pecahkan Rekor MURI

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: