Apple bersiap mengumumkan sistem operasi iOS 16 terbaru dalam waktu dekat (Sumber gambar: Unsplash/David Grandmougin)

Catat! Ini Jadwal Pengumuman hingga Bocoran Fitur iOS 16 dari Apple 

02 June 2022   |   18:01 WIB

Raksasa teknologi Apple bakal menggelar salah satu acara tahunan paling dinantikan pengembang dan penggemar bertajuk Worldwide Developers Conference (WWDC) dalam waktu dekat, tepatnya pada 6 sampai 10 Juni mendatang. 

Para Apple fanboy dan fangirl tentunya sudah paham bahwa WWDC merupakan konferensi yang digelar di California setiap tahunnya. Ajang ini dimanfaatkan oleh perusahaan untuk mengumumkan perangkat lunak dan teknologi terbarunya kepada para pengembang, tapi juga dinikmati seluruh penggemarnya. 

Tahun ini, WWDC 2022 kemungkinan besar akan memperkenalkan sistem operasi seluler terbaru mereka yang tidak lain adalah iOS 16. Ini akan menjadi penerus dari peranti lunak iOS 15 yang diperkenalkan tahun lalu, berjajar dengan iPhone 13. 

Masih belum banyak informasi yang telah dikonfirmasi oleh Apple mengenai sistem anyarnya itu. Akan tetapi, beberapa rumor dari analis kenamaan telah menyebar. Dirangkum Hypeabis.id, berikut ini adalah informasi terkait peluncuran iOS 16. 

Baca Juga : Pengguna iOS Bisa Nikmati Fitur YouTube Picture in Picture 


Tanggal Rilis 

Apple biasanya mengumumkan sistem operasi terbaru dari iOS pada ajang konferensi pengembang tahunannya, bersamaan dengan rilis publik beta untuk sejumlah pengguna dan pengembang. Mereka nantinya yang akan diminta respons dan umpan balik untuk perbaikan sebelum rilis utuh. 

Perlu dicatat bahwa waktu pengumuman dan perilisan adalah dua hal yang berbeda. Jika tadi bicara soal pengumuman atau perkenalan, maka jadwal peluncuran sistem operasinya diprediksi terjadi sekitar September mendatang. 

Ini didasarkan pada formasi tahun lalu di mana iOS 15 pertama kali tersedia untuk publik sekitar seminggu setelah acara peluncuran iPhone 13 pada September. Jadi, kemungkinan besar iOS 16 juga akan meluncurkan pada rentang waktu serupa setelah perilisan iPhone 14 di bulan yang sama. 


Fitur 

Perlu digarisbawahi di awal bahwa sejauh ini belum ada informasi resmi dari Apple soal fitur yang akan datang di iOS 16 terbaru. Hanya saja beberapa bocoran sudah mulai beredar, misalnya dari LeaksApple Pro yang menyatakan bahwa sistem itu akan membawa tampilan dengan widget besar. 

Bocoran yang diunggah memperlihatkan ikon aplikasi yang ditampilkan dalam kotak lebih besar dari biasanya, menyisakan ruang untuk informasi lebih lanjut seperti cuaca, pengingat khusus, dan lagu yang sedang diputar. 

Fitur lain yang kemungkinan akan hadir di sistem baru Apple itu antara lain tampilan FaceTime yang lebih mirip Zoom - mengingat iOS 15 membawa peningkatan terkait di layanan tersebut. Hal lain yang disebut-sebut akan hadir adalah elemen terkait metaverse, seiring dengan pesatnya perkembangan terkait isu tersebut. 


Kompatibilitas 

Ketika merilis iOS terbaru, perusahaan biasanya memungkinkan sistem tersebut untuk beroperasi pada ponsel dengan usia yang lebih tua. Misalnya saja iOS 15 yang masih kompatibel dengan generasi iPhone 6 yang dirilis pada 2015. 

Terkait dengan hal ini, sebuah laporan dari iPhoneSoft menyatakan bahwa iOS 16 diyakini bakal berfungsi pada iPhone yang memiliki prosesor A10 atau lebih tinggi. Variannya berarti mulai dari iPhone 7 yang rilis pada 2016. 

Laporan itu juga menyebut bahwa iOS 6 bisa jadi tidak akan bisa dipakai oleh pengguna produk Apple lainnya dengan batasan iPad Mini 4, iPad 5, iPad Air 2, iPad Pro 9,7 inci dan iPad Pro 12,9 inci ke bawah. Untuk lebih lengkapnya, mari kita nantikan pengumuman resmi dari Apple dalam waktu dekat! 

Editor: Indyah Sutriningrum 
SEBELUMNYA

Pameran The Theater of Me Tampilkan 30 Tahun Perjalanan Artistik Seniman Agus Suwage

BERIKUTNYA

Rokok Elektrik Masih Butuh Regulasi & Penanganan Limbah yang Maksimal

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: