Ilustrasi perawatan kulit (Sumber gambar: Unsplash/ Chelsea Shapouri)

Apa itu Selulit? Penyebab & Cara Mengatasinya

31 May 2022   |   20:37 WIB
Image
Gita Carla Hypeabis.id

Selulit adalah lukisan pada kulit yang tidak diinginkan perempuan. Guratan selulit bisa terjadi pada siapa saja, bahkan untuk kamu yang bertubuh langsing. Kehadirannya yang begitu alami juga dapat dihilangkan secara alami.

Yuk, coba beberapa tips berikut ini untuk menghilangkan selulit.

Perasaan bahagia menatap buah hati dalam timangan merupakan harta yang sangat diharapkan kaum perempuan. Apalagi setelah melakukan diet sehat dan olahraga kamu sukses menurunkan berat badan. Berhasil menghilangkan lemak ternyata memunculkan masalah baru. Selulit!

Kulit memiliki keelastisan yang luar biasa. Dapat mengerut atau membesar sesuai bentuk tubuh. Selulit adalah gejala yang biasa terlihat ketika tubuh mengalami penurunan bobot atau sehabis melahirkan. Pada pria bisa ditemukan selulit tapi memang lebih banyak diderita 90% perempuan yang memiliki ketidaksimbangan hormon, misalnya ekstrogen.


Penyebab selulit

Selulit pada dasarnya disebabkan oleh penumpukan lemak pada area bawah kulit yang disebabkan perubahan fisik ataupun faktor usia sehingga kulit terlihat tidak rata seperti kulit jeruk. Tumpukan lemak ini mendorong kulit ke atas, sementara jaringan ikat terus menahannya. Kondisi inilah yang menyebabkan permukaan kulit tampak bergelombang dan tidak rata.

Dengan membentuk gumpalan-gumpalan kecil seperti kulit jeruk yang sangat tidak nyaman dilihat. Biasanya bagian tubuh yang ada selulit adalah lengan, kaki, perut, bokong dan paha yang menyimpan kelebihan lemak dan memang jarang bergerak.

Lemak memang bisa datang dan pergi, namun bagaimana mengembalikan keelastisitan kulit sehingga tidak terjadi parutan yang menjengkelkan ini.


Bagaimana menghilangkan selulit?


1. Konsumsi air putih

Pertolongan pertama bagi perempuan yang memiliki masalah dengan berat badan dan kesehatan kulit adalah tidak kurang minum air putih. Agenda meminum air putih harus masuk tahap pertama. Karena sekitar 80% rubuh manusia adalah air. Untuk memenuhi kebutuhan tubuh agar tetap fit, sekurang-kurangnya kamu meminum 8 hingga 9 gelas perhari.

Kulit merupakan salah satu organ yang sangat memerlukan air, bila kurang maka tubuh akan menyerap kandungan air dalam kulit sehingga kulit menjadi kering dan berkerut. Air putih merupakan obat alami yang paling mudah ditermukan dan diterapkan. Selain memperbaiki kondisi kulit, air juga melindungi kulit dari luar dengan cara melembabkannya.


2. Diet melawan selulit

Bila dahulu menjalani diet untuk mengurangi berat badan, makan kamu harus melakukannya lagi untuk menghilangkan selulit. Selain mengurangi lemak yang membandel juga membuat kulit kamu terlihat cerah.


3. Makanan yang baik

Pilah-pilih makanan yang baik untuk kulit kamu. Minum suplemen vitamin E dan Omega 3 juga dinajurkan. Buah semangka yang mengandung air dan vitamin juga bisa menjadi alternatiff. Penuhi makanan yang mengandung lesitin seperti ikan, telur, tomat, kembang kol, pisang, kacang kedelai dan alpukat. Perbanyak juga asupan yang kaya asam amino, seperti daging sapi, madu dan susu rendah lemak.

Baca juga: Kenali 7 Ciri-ciri Alpukat yang Matang & Legit

Makanan yang baik ini akan masuk ke jaringan kulit, mebuang zat-zat pembentuk selulit, memperlancar sirkulasi darah, dan memberi makanan pada kulit dan membuat kulit lebih cerah. Dan yang terpenting makanan ini meruapakan resep pembentukan otak dan kesehatan anak.


4. Olahraga

Tak perlu dipertanyakan lagi manfaat olahraga bagi kesehatan. Namun kita dengan sejuta alasan berusaha untuk tidak melakukannya. Mulai dari capek hingga tidak punya waktu. Kamu bisa melakukan peregangan ringan, seperti gerakan ringan pada tangan dan pinggang. Ingat juga untuk sesekali berdiri dan berjalan ketika bekerja di kantor.


5. Kosmetik

Ada banyak produk-produk kosmetik untuk menghilangkan selulit di pasaran. Misalnya sabun mandi dengan tekstur scrub dan krim penghilang selulit. Pada umumnya cara pemakaiannya sama dengan krim untuk badan dengan mengoleskan secara merata sambal dilakukan pemijatan pada bagian perut, pangkal paha dan lainnya setelah mandii. Pemijatan ini akan membantu meluruhkan lemak-lemak di tubuh.

Kosmetik berbahan kafein juga terbukti membantu menghilangkan selulit. Studi yang diterbitkan di Journal of Cosmetology pada 2008 menyebutkan, krim anti selulit yang mengandung kafein bisa mengurangi selulit sebanyak 17 persen dari diameter sel lemak.


6. Seks

Kegiatan menyenangkan ini menghasilkan hormon endorphin yang sangat membantu meremajakan kulit. Jangan lupa, seks juga termasuk olahraga yang selain mengikis lemak juga menambah romantisme kamu dan pasangan.


7. Hindari makanan yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans

Makanan berlemak tinggi meruapakan "lawan” kamu saat ini. Makanan yang mengandung kalori lebih ini memang sulit ditolak. Bayangkan kamu dihadapkan dengan pasta dan pisa di tengah malam? 

Kalori memang merupakan mesin pembakar energi namun bila berlebihan mengonsumsinya akan disimpan sebagai lemak di bawah kulit. Mau tidak mau, inilah cikal bakal selulit kalian.


8. Hindari merokok

Banyak yang belum tahu kalau merokok sangat berhubungan dengan kesehatan kulit. Merokok mengurangi jumlah oksigen yang masuk ke dalam kulit. Sehingga jika kamu merokok, kulit akan terlihat menua dan kusam. Rokok memang tidak mengandung kalori ataupun gula, namun bisa melemahkan sel-sel kulit karena memiliki racun. Racun-racun dari rokok juga bisa menyumbat pembuluh kapiler dan merusak hubungan antar kelenjar di kulit, sehingga menimbulkan selulit pada permukaan kulit.

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

5 Judul Permainan Video Game yang Rilis Juni 2022 

BERIKUTNYA

Bro, Ini 8 Cara Perawatan Anti Aging untuk Kalian

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: