Penampilan Erwin Gutawa dalam ajang BNI Java Jazz Festival 2022 di Jakarta, Jumat (27/5). Setelah absen selama pandemi, BNI Java Jazz Festival kembali digelar pada 27-29 Mei di Jakarta Internasional Expo Kemayoran dengan menampilkan sejumlah musisi dari dalam dan luar negeri. (Sumber gambar: Hypeabis/Suselo Jati)

Di Panggung BNI Java Jazz Festival 2022, Erwin Gutawa Sanjung Musisi Muda Ini 

27 May 2022   |   20:45 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Musikus dan komponis Erwin Gutawa telah menyelesaikan pertunjukan epiknya di panggung utama Jakarta Internasional BNI Java Jazz Festival 2022 pada Jumat (27/5), berkolaborasi dengan tiga penanyi yang sudah tidak asing lagi, yaitu Ruth Sahanaya, Lea Simanjuntak, dan Andmesh Kamaleng. 

Pada penampilan yang digelar di BNI Hall Jakarta International Expo Kemayoran itu, Erwin sempat bercerita tentang pengalamannya sebagai musisi menghadapi situasi pandemi yang berlangsung selama 2 tahun terakhir. 

Menurutnya, kondisi tersebut memaksa para insan musik Tanah Air untuk berpikir ulang mengenai konser musik secara langsung, karena hal itu tidak dimungkinkan. Hal tersebut memang menjadi tantangan pada awalnya, tetapi dia tidak berhenti berkarya dan mencoba format yang baru. 

Baca juga: Penampilan Andmesh Kamaleng Sihir Penonton BNI Java Jazz Festival 2022

“Masa pandemi kita juga melakukan kegiatan virtual oskestra dari rumah masing-masing, yang ternyata bisa dilakukan dan mendapatkan apresiasi besar juga,” katanya di atas panggung, Jumat (27/5). 

Erwin menuturkan bahwa pandemi juga membawa berkah tersendiri baginya. Pasalnya, pada waktu tersebut justru dia bisa melakukan kolaborasi dengan banyak artis yang sebelumnya tidak bisa terealisasi karena satu dan lain hal. 

Selain itu, ayah dari Gita Gutawa juga menyatakan tengah menyukai salah satu lagu yang diciptakan oleh musisi muda Pamungkas berjudul I Love You but I’m Letting Go. Lagu tersebut masuk dalam album Walk the Talk yang dirilis pada 2018. 

“Senangnya lagi waktu pandemi kami bisa kerja sama dengan banyak musisi, salah satu lagi yang saya suka itu dari Pamungkas. Lagunya sangat berkesan sehingga saya coba mainkan di panggung ini,” katanya. 

Lagu tersebut akhirnya dibawakan sebagai lagu ketiga pertunjukan Erwin Gutawa ft. Lea Simanjuntak, Ruth Sahanaya, dan Andmesh Kamaleng. Dibawakan oleh Lea yang punya ciri khas vokal tingginya, lagu tersebut memukau para penonton. 

Selain nada-nada tinggi yang dinyanyikan, aransemen dari Erwin dan tim juga dibuat sangat megah. Termasuk menampilkan pertunjukan solo para pemain instrumennya yang menggugah penonton untuk berteriak dan bertepuk tangan. 

Baca juga: Diguyur Hujan, Hari Pertama BNI Java Jazz Festival 2022 Terganggu

Pada pertunjukannya di BNI Java Jazz Festival 2022, Erwin bersama dengan para penyanyi membawakan total sebanyak delapan lagu dari musisi yang berbeda. Lagu-lagu tersebut adalah sebagai berikut : 
  • Pilihlah Aku dari Krisdayanti yang dibawakan dalam bentuk musik instrumen 
  • Andaikan Kau Datang ciptaan Tonny Koeswoyo dibawakan oleh Ruth Sahanaya 
  • I Love You but I’m Letting Go dari Pamungkas dibawakan oleh Lea Simanjuntak 
  • Dahaga karya Erwin Gutawa sebagai lagu instrumen terbarunya 
  • Jangan Semudah Ini karya Erwin dan Andmesh dibawakan oleh Andmesh Kamaleng dan Ruth Sahanaya 
  • Tak Kuduga dari dan dibawakan oleh Ruth Sahanaya 
  • Andai Aku Bisa dari Chrisye dibawakan oleh Andmesh Kamaleng
  • Angin Malam dari Debby Nasution Eros Djarot dibawakan Lea Simanjuntak
Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Diguyur Hujan, Hari Pertama BNI Java Jazz Festival 2022 Terganggu

BERIKUTNYA

Panggung Hiburan Bergeliat, Ini 7 Festival Musik Berskala Internasional di Indonesia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: