Tim Carro (Dok. Carro)

Kantongi Dana US$360 Juta, Carro Jadi Unicorn Otomotif Pertama di Asia Tenggara

15 June 2021   |   10:03 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Marketplace di bidang otomotif asal Singapura, Carro, mengumumkan telah meraih US$360 juta dalam putaran pendanaan Seri C yang dipimpin oleh SoftBank Vision Fund 2, Selasa (15/6). Pendanaan terbaru ini menjadikan Carro sebagai unicorn marketplace otomotif pertama di Asia Tenggara. 

Investor yang turut dalam putaran pendanaan ini termasuk beberapa investor terkemuka yang berbasis di Indonesia seperti EV Growth.

CEO dan pendiri Carro Aaron Tan mengungkapkan bahwa ini adalah momen bersejarah bagi Carro dan dukungan dari investor menegaskan keyakinannya pada kekuatan transformatif Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan di industri otomotif untuk memberikan pengalaman pelanggan yang luar biasa.

"Saat digitalisasi membentuk lanskap global melalui kebiasaan konsumen dan praktik bisnis baru, ini adalah waktu yang sangat tepat bagi pasar mobil online end-to-end seperti Carro,” ujar Aaron melalui siaran pers.

Dia juga menuturkan bahwa Carro akan menggunakan dana segar tersebut untuk memperkuat posisi pasarnya dan memperluas produk di pasar Indonesia, Thailand, Malaysia, dan Singapura. 

Empat negara ini merupakan pasar yang mengalami pertumbuhan signifikan pada tahun lalu. 

Carro juga akan meningkatkan portofolio layanan keuangannya dengan memperluas di luar pembiayaan pinjaman in-house, serta mempercepat pengembangan kemampuan AI.

“Carro mengubah industri otomotif di Asia Tenggara dengan memberikan pengalaman pembelian dan penjualan yang tanpa batas bagi konsumen dan dealer mobil. Didukung oleh AI, platform teknologi Carro memberi konsumen layanan lengkap dan transparansi selama proses pembelian mobil,” kata Greg Moon, Managing Partner di SoftBank Investment Advisers.

Dia menambahkan, SoftBank mendukung ambisi Carro untuk ekspansi ke pasar baru dan menggunakan teknologi AI untuk membuat proses pembelian mobil lebih cerdas, lebih sederhana, dan lebih aman.

Adapun, SoftBank Group pertama kali berinvestasi di Carro pada tahun 2016 melalui SoftBank Ventures Asia, perusahaan modal ventura yang merupakan anak usaha dari SoftBank. 

Carro menyediakan layanan full stack untuk semua aspek kepemilikan mobil dan menggunakan teknologi AI untuk mengubah pengalaman pembelian dan penjualan mobil. 

Tidak hanya itu, Carro juga memelopori layanan inovatif seperti layanan pembelian mobil online, tanpa kontak fisik pertama di Singapura, layanan berlangganan mobil pertama, dan asuransi mobil berbasis perilaku dan penggunaan pertama di seluruh negara.

Sampai dengan Maret 2021, Carro membukukan pertumbuhan pendapatan lebih dari dua setengah kali lipat dan melanjutkan posisi EBITDA positif untuk tahun kedua secara berturut-turut. 

Carro juga dinobatkan sebagai perusahaan dengan pertumbuhan tercepat di Asia Pasifik pada tahun 2021 oleh The Financial Times dan Statista.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Selain Pasta & Pizza, Icip juga 6 Kuliner Khas Italia Ini

BERIKUTNYA

Waduh, Peradangan di Gusi Bisa Picu Serangan Jantung

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: