Hari Keluarga Internasional diperingati setiap 15 Mei (Sumber gambar: Migs Reyes/Pexels)

Hari Keluarga Internasional, Ini 5 Kegiatan Seru Nikmati Akhir Pekan bareng Keluarga

15 May 2022   |   08:47 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Genhype tahu enggak sih kalau setiap tanggal 15 Mei diperingati sebagai Hari Keluarga Internasional? Peringatan yang digagas organisasi dunia PBB  ini dilakukan untuk menciptakan kesadaran akan masalah serta proses sosial, ekonomi dan demografi yang berkaitan dengan keluarga.

Tahun ini, tema yang diusung untuk Hari Keluarga Internasional yakni Keluarga dan Urbanisasi. Tema ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya kebijakan perkotaan yang berkelanjutan dan ramah keluarga.

Melansir dari laman resmi PBB, Minggu (15/5/2022), urbanisasi adalah salah satu megatren terpenting yang membentuk dunia kita dan kehidupan, serta kesejahteraan keluarga di seluruh dunia.

Urbanisasi berkelanjutan sendiri berkaitan dengan beberapa Sustainable Development Goals (SDG) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan yang diusung PBB yakni pemberantasan kemiskinan, kesehatan dan kesejahteraan yang baik, menjadikan kota dan pemukiman manusia inklusif, aman, tanggung dan berkelanjutan, serta mengurangi ketimpangan di dalam dan antar negara.

Beberapa target tersebut bergantung pada seberapa baik urbanisasi dikelola untuk memberikan manfaat bagi keluarga, dan meningkatkan kesejahteraan semua generasi yang tinggal di kota. 
 

(Sumber gambar: Tokopedia)

Ilustrasi anak dan ayah (Sumber gambar: Tokopedia)

Untuk menyambut Hari Keluarga Internasional, berikut adalah lima ide kegiatan seru dan bermanfaat yang dapat dilakukan bersama keluarga di rumah dalam mengisi akhir pekan ini.


1. Piknik di Rumah

Jika biasanya piknik dilakukan di tempat wisata, piknik juga bisa dilakukan bersama keluarga di rumah. Manfaatkan halaman rumah atau rooftop bahkan area dalam rumah yang disulap menjadi area piknik menarik. Jangan lupa siapkan sejumlah peralatan piknik seperti tika, keranjang piknik hingga hidangan kesukaan keluarga.


2. Lakukan kegiatan art & craft

Berbagai kegiatan melibatkan kerajinan tangan dapat menjadi aktivitas yang menyenangkan sekaligus mengasah kreativitas, salah satunya adalah paint by numbers. Selain mudah untuk dilakukan, kegiatan ini juga bisa menjadi pilihan untuk menghabiskan akhir pekan dengan keluarga.


3. Olahraga bareng keluarga

Manfaatkan momen pagi atau sore hari dengan berolahraga bersama di teras atau halaman rumah. Tak hanya sekadar menghabiskan waktu bersama keluarga, olahraga juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

(Baca juga: Simak 4 Cara Nisya Saadia Ahmad Tetap Kompak dengan Keluarga)


4. Bikin kue bersama si kecil

Serunya aktivitas di dapur bisa membuat si kecil turut senang mengisi waktu luang di akhir pekan tanpa harus keluar rumah. Kegiatan seperti ini juga bisa mengasah kreativitas si kecil dan membuatnya lebih aktif.


5. ‘Detoks’ rumah

Decluttering merupakan salah satu kegiatan merapikan rumah dengan menyortir barang yang sudah tidak diperlukan. Kegiatan ini juga menjadi pilihan untuk meluangkan waktu bersama keluarga.

Ajak juga anak-anak untuk berbagi dengan cara memilah barang-barang miliknya seperti buku dan mainan yang sudah tidak terpakai, dan mendonasikannya kepada yang membutuhkan.

Mengajak anak menyusun mainan atau buku di rak penyimpanan khusus bisa melatih anak untuk bertanggung jawab atas barang-barang miliknya.


Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Gaet Ari Lesmana & Andy Fourtwnty, Jaz Rilis Single Baru

BERIKUTNYA

Bungkam, Cinta yang Terpendam dalam Single Baru Daun Jatuh

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: