Salihara Jazz Buzz 2022 akan diselenggarakan secara daring (Sumber gambar: Pexels/Pixabay)

Ini 4 Musisi Jazz yang Akan Tampil di Salihara Jazz Buzz 2022

11 May 2022   |   13:48 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Empat musisi jazz tanah air akan meramaikan Salihara Jazz Buzz 2022 yang akan terselenggara secara daring, dan berharap bisa menyajikan kebaruan serta membawa semangat jazz buss tentang musik “lintas-batas” yang mampu memperkaya musik jazz.
 
Tony Prabowo, Kurator musik Komunitas Salihara, menuturkan musisi-musisi yang akan tampil di kanal YouTube Komunitas Salihara Arts Center tersebut antara lain Ary Adhianto, Fascinating Rhythm, Sandrums, dan Agam Hamzah Project.
 
“Melalui penampilan dari keempat musisi dan grup tersebut, Salihara Jazz Buzz 2022 diharapkan bisa menyajikan kebaruan dan dapat membawa semangat jazz buzz,” katanya.
 
Dia menuturkan membutuhkan diskusi yang panjang untuk memilih musisi yang terbaik agar penonton bisa hadir, terutama bagaimana bisa terus menawarkan kebaruan dalam festival yang telah mencapai 1 dekade pada tahun ini.
 
Musik-musik yang avant-garde dan hanya didengar oleh kalangan tertentu, lanjutnya tentu menjadi pekerjaan rumah bagi Salihara Jazz Buzz pada masa yang akan datang.
 
Meskipun begitu, tantangan tersebut juga menjadi pemacu bagi komunitas Salihara untuk terus menggarap tema-tema baru. Tahun ini, ujarnya Salihara Jazz Buzz 2022 mengusung tema Next Sound.
 
Tema ini mengedepankan adaptasi, kreativitas, dan tawaran kebaruan tentang situasi yang terjadi, yakni realitas tentang pandemi dan musik jaz yang selalu bisa melebur ke dalam genre-genre berevolusi.
 
Ajang yang terselenggara secara daring untuk kedua sejak pandemi Covid-19 melanda Indonesia pada 2020 tersebut dapat disaksikan pada 13, 15, 20, dan 22 Mei 2022 pukul 19.00 WIB.
 
Dia menambahkan Salihara Jazz Buzz selalu konsisten menampilkan ragam pilihan genre, komposisi, dan konsep bermusik yang baru dari tahun ke tahun sejak berdiri pada 2008 silam.
 
Salihara Jazz Buzz terpicu membuka ruang untuk menawarkan ragam kebaruan yang terjadi dalam dunia jaz kepada publik dengan kemunculan beragam aliran baru dalam musik jaz seperti free jazz, contemporary jazz, avant-garde jazz, dan aliran-aliran lainnya.
 
Berikut profil para musisi jaz yang akan tampil dalam Salihara Jazz Buzz:
 

Aryo Adhianto

 Aryo adalah komposer dan produser musik elektronik. Dia yang tertarik dengan jazz dan piano sejak kecil menemukan kecintaan pada musik elektronik ketika kuliah. Dia juga terlibat dalam beberapa klinik musik yang diprakarsai oleh Sacred Bridge Foundation seperti Rhythm Salad: A Bowl of Roots Music (2008), GAUNG: the 21st Century Global Music Education (2009), dan INTRASIA: the Cross-cultural Performing Arts Clinic (2013) dalam perjalanan karir.
 

Fascinating Rhythm

 Fascinating Rhythm adalah sebuah band jazz kontemporer yang berbasis di Jakarta. Band ini mengusung ide untuk memainkan berbagai jenis ritmik dari seluruh dunia seperti samba, choro, bikutsi, cuban dan lain-lain. Berbagai jenis ritmik tersebut dibalut dengan sentuhan jaz dan juga variasi “call and response” pada setiap solo instrumen.
 

Sandrums

 Sandrums adalah sebuah nama proyek eksperimental dari Sandy Winarta. Sandrums adalah eksplorasi spektrum suara elektronik yang luas dan digunakan dalam improvisasi musik yang berakar pada jazz secara harmonis dan berirama.
 
Dalam pertunjukkan kali ini, Sandy akan mengajak Sri Hanuraga sebagai rekan duet, dan mempersembahkan komposisi irama yang khusus bisa disaksikan di Salihara Jazz Buzz pada 2022.
 

Agam Hamzah Project

 Agam Hamzah Project merupakan grup musik baru dari Agam Hamzah yang sebelumnya dikenal melalui grup musik Ligro Trio. Agam Hamzah konsisten menciptakan karya musik dengan konsep fusion sejak 1990an.
 
Konsep fusion adalah satu genre musik di mana idiom-idiom musik seperti jazz, rock, kontemporer klasik dan etnik dipadukan menjadi satu karya utuh. Dalam Agam Hamzah Project kali ini, dia memiliki format instrumen dalam bentuk Quintet, terdiri dari bas, drum, gitar, keyboard dan biola.


Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Mengenal Aritmia pada Ibu Hamil & Cara Penanganannya

BERIKUTNYA

Kisah Mereka yang Selamat dari Amukan Tsunami Aceh 2004: "Sabtu Bercerita, Besok Sudah Tidak Bertemu Dia Lagi"

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: