Ada banyak aplikasi yang dibagikan selama Ramadan tahun ini (Sumber gambar: SHAREit)

Ini Aplikasi yang Banyak Dibagikan Selama Ramadan, Yuk Cek Apa Saja

26 April 2022   |   14:34 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Ramadan merupakan bulan yang identik dengan aktivitas saling berbagi satu sama sama lain, tak terkecuali berbagi aplikasi. Platform konten digital SHAREit Group merilis laporan menarik bertajuk Plan an Impactful Ramadhan 2022 yang menunjukkan tren aplikasi yang paling banyak dibagikan selama bulan suci ini. 

Country Sales Director of SHAREit Group, Aat Pangestu Hadi, menuturkan bahwa Ramadan menjadi momen peningkatan penggunaan berbagai aplikasi, karena masyarakat ingin melakukan berbagai aktivitas termasuk mempersiapkan kebutuhan hari raya dengan orang terdekat, ini termasuk berbagi informasi dan aplikasi. 

Laporan perusahaan menyatakan bahwa terdapat sembilan aplikasi yang paling banyak dibagikan melalui platform SHAREit, khususnya di Indonesia. Mereka adalah aplikasi keuangan, buku dan referensi, portal berita dan majalan, aplikasi hiburan olahraga, resep makanan, aplikasi kesehatan, aplikasi kegaran, aplikasi perpesanan, dan kegiatan (event). 

Secara umum, beberapa aplikasi yang paling banyak dibagikan adalah aplikasi kegiatan atau event yang meningkat sebesar 55 persen. Aplikasi buku dan referensi juga naik sekitar 43 persen. Begitu juga dengan aplikasi keuangan atau fintech yang meningkat 25 persen. 

Laporan juga mencatat penggunaan kategori aplikasi yang banyak dibagikan ini terbagi ke dalam empat fase pada bulan Ramadan, yakni fase seminggu sebelum, fase minggu pertama dan kedua, fase minggu ketiga dan keempat, serta fase seminggu setelah Ramadan. Berikut rinciannya : 
 
  • Fase pertama

(Seminggu sebelum Ramadan) : pada periode ini, pengguna banyak yang membagikan aplikasi berita dan majalah, yang naik hingga 43 persen. Selain itu, aplikasi olahraga juga menjadi salah satu aplikasi yang banyak dibagikan, dengan kenaikan sebesar 55 persen. 
 
  • Fase kedua

(Minggu 1 & minggu 2 Ramadan) : pada fase ini, aplikasi olahraga makin banyak dibagikan oleh pengguna SHAREit dengan peningkatan tertinggi yang menyentuh 69 persen. Ada juga aplikasi makanan yang meningkat sebesar 29 persen karena tingginya animo untuk mencari inspirasi resep buka dan sahur. 
 
  • Fase ketiga

(Minggu 3 & minggu 4 Ramadan) : aplikasi yang banyak dibagikan pada fase ketiga ini adalah aplikasi medis yang naik hingga 36 persen. Selain itu, aplikasi kesehatan dan kebugaran juga mengalami peningkatan 32 persen karena dorongan masyarakat untuk tetap berolahraga. 
 
  • Fase keempat

(Seminggu setelah Ramadan) : SHAREit mencatat bahwa pada periode ini, pengguna banyak berbagi aplikasi komunikasi yang tercatat meningkat 26 persen. Ini biasanya dipakai publik untuk membagikan momen favorit yang telah dilalui sepanjang Ramadan dan Idulfitri. 

Editor : Dika Irawan

SEBELUMNYA

Kenali Penyakit Hemofilia & Gejalanya yang Patut Diwaspadai

BERIKUTNYA

10 Manfaat Buah Tin untuk Kesehatan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: