Kualitas bisa mempengaruhi harga kurma (Sumber gambar: Freepik)

5 Kurma Termahal di Dunia, Bisa Hampir Rp400 Ribu per Kilogram!

20 April 2022   |   08:30 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Kurma sukkari berkualitas premium dapat dijual maksimal dengan harga 314.000 per kilogramnya.
 

4. Ajwa (Rp 392.000/kilogram)

Sama seperti kurma Sukkari, kurma Ajwa juga cukup mudah ditemukan di pasar-pasar dan toko-toko ritel yang ada di Indonesia. Banyak orang menyebut kurma Ajwa sebagai varian kurma terbaik yang pernah ada, karena konon merupakan jenis kurma pertama yang dibudidayakan oleh Nabi Muhammad SAW.

Warnanya cokelat tua kehitaman dengan rasa manis dan tekstur yang lembut. Kurma Ajwa juga diklaim memiliki manfaat dalam memelihara kesehatan jantung, tulang dan gigi, serta baik bagi penderita diabetes dan wanita hamil. Waktu terbaik untuk mengonsumsi kurma ini dipercaya adalah di pagi hari dan di sela-sela waktu makan berat.

Harga jual kurma Ajwa di dunia mencapai Rp392.000 per kilogram.
 

5. Amber (Rp 392.000/kilogram)

Sekilas, kurma Amber dan kurma Ajwa tampak sulit dibedakan. Bedanya hanya terdapat pada bentuk kurma Amber yang lebih lonjong dan warnanya yang lebih terang, dengan gurat pada kulit buah yang jelas. Kurma Amber juga memiliki daging buah yang tebal dan kering, serta kaya nutrisi seperti protein, mineral dan serat.

Sama seperti kurma Ajwa, kurma Amber di pasaran dunia juga dihargai sekitar Rp392.000 per kilogram.

Selain kurma-kurma yang disebutkan di atas, ada banyak jenis kurma lainnya yang populer dan dijual dengan harga mahal, seperti kurma Khalas, kurma Fard, kurma Bou ma’an dan kurma Dabbas.

Harga kurma yang mahal disebabkan oleh berbagai hal, seperti kualitas bibitnya, cita rasa, pengemasan, teknologi pemanenan dan pengeringan serta biaya pertanian yang tinggi. 

Kurma yang dipasarkan di Indonesia juga dapat menjadi lebih mahal karena biaya ekspor dari negara asalnya, mengingat kurma tidak bisa berbuah di Indonesia. Tanaman kurma membutuhkan pengairan yang cukup, namun juga tingkat kelembaban udara yang rendah, sehingga hanya dapat berbuah dengan maksimal di negara beriklim gurun.


Editor: Gita Carla
1
2


SEBELUMNYA

Gaet Siti Nurhaliza, Atta Halilintar & Aurel Hermansyah Rilis Single Religi ALHAMDULILLAH

BERIKUTNYA

Ramaikan Libur Lebaran, Film Drama Komedi Gara-Gara Warisan Tayang 30 April

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: