Film Super Mario Bros 1986 (Sumber gambar: IMDb)

Restorasi Anime Super Mario Bros Rilisan 1986 Hadir dalam Format 4K 

19 April 2022   |   13:06 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Video anime waralaba Super Mario Bros berjudul The Great Mission to Rescue Princess Peach yang pertama kali dirilis pada 1986 kini tersedia untuk dinikmati secara gratis dalam resolusi 4K, setelah dilakukan restorasi berbulan-bulan. 

Adalah penggemar dengan akun YouTube FemboyFilm yang melakukan restorasi tersebut. Menurut keterangan tim, proyek remastered atau restorasi berasal dari cetakan reduksi 16mm yang kemungkinan digunakan untuk pemutaran kecil lokal pada masanya. 

Tim menyatakan bahwa mereka membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk menghilangkan kotoran, debu, dan goresan yang ada pada cetakan, yang diyakini merupakan satu-satunya yang masih ada di dunia saat ini. 

“Kami membersihkannya dengan sangat baik, walaupun beberapa goresan tidak dapat dihilangkan sepenuhnya. Ribuan kepingan puing secara manual dipindahkan untuk restorasi ini,” tulis tim. 

Selain itu, audio dari film tersebut juga telah ditangkap kembali menggunakan VHS sebagai sumber utama. VHS awalnya dirilis dengan Dolby Surround 2 saluran, yang dipertahankan dalam pengambilan audio di sini untuk mencerminkan hasil paling akurat. 

Tak hanya itu, bahkan ada scan baru dari buku seni asli film tersebut untuk melengkapi proses restorasi. Proyek tersebut juga melibatkan koreksi warna yang lebih akurat dan teks (subtitle) baru yang dimunculkan secara utuh. 

“Kami merasa terhormat menjadi pihak yang memulihkan film ini agar terlihat lebih baik dari berbagai versi, dan mungkin yang terbaik yang pernah ada,” tulis tim. 

The Great Mission to Rescue Princess Peach merupakan film petualangan komedi yang mengikuti peristiwa Super Mario Bros. Ceritanya, Princess Peach melarikan diri dari permainan video dan masuk ke dunia Mario. 

Di dunia baru itu, Peach dikejar oleh Koopa King atau Bowser yang berhasil menculiknya dan memaksanya kembali ke Mushroom Kingdom. Mario dan Luigi sebagai karakter utama waralaba terpikat oleh karakter Dumpling Dog dan pergi ke kerajaan untuk menyelamatkan sang putri. 
 


Editor : Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Kenali 7 Kategori Appetizer dalam Jamuan Makan Formal

BERIKUTNYA

Sebentar Lagi Lebaran, Ini 7 Ide Usaha yang Cuan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: