Sinematografi dan efek khusus yang ditampilkan dinilai sangat mumpuni (Sumber gambar: imdb.com)

Karakter Grindelwald Menjadi Kritik Bagi Pengulas Film Fantastic Beast: The Secrets of Dumbledore

18 April 2022   |   11:07 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Meskipun berhasil meraih posisi tertinggi dengan pendapatan kotor sebesar US$43 juta pada domestic weekend dari 15-17 April 2022 dan mengungguli film Sonic the Hedgehog 2, film bertema sihir Fantastics Beasts: The Secrets of Dumbledore tidak sefantastis 2 serial Fantastic Beasts terdahulu.

Plot yang tidak mendalam dan "pembuatan ulang" karakter Grindelwald menjadi salah satu contoh kritik dari para pengulas film dalam laman imdb.com, dan membuat mereka tidak memberikan rating tinggi. 

Fantastic Beasts: The Secrets of Dumbledore yang merupakan arahan sutradara David Yates ini hanya mendapatkan rata-rata rating 6,6 dari 10 dengan pemberi nilai sebanyak 26.000 dalam laman imdb.com. Sebanyak 25,2 persen responden memberikan nilai 7 untuk film ini. 15,7 persen lainnya memberikan nilai 8, dan 13,2 persen memberikan rating 10 dari 10.

Salah satu pemberi ulasan dalam laman tersebut, yakni Calicodreamin, menuturkan bahwa film ini memiliki visual yang sangat memukau lantaran beberapa bidikan kamera yang indah dan sinematografi yang imersif. Tidak hanya itu, beberapa momen karakter di dalam film ini juga indah. Namun, dia menilai tidak ada kedalaman plot.

Sementara pengulas lainnya, yakni Ruben17, menilai jalan cerita film ketiga Fantastic Beasts terbilang oke, tapi sisanya agak tidak penting dan tidak terlalu menarik. Salah satunya adalah intensitas dan emosi dalam adegan aksi yang kurang jika dibandingkan dengan 2 film lainnya.

Dia bahkan mengaku masih tidak dapat menemukan koneksi dengan sebagian besar tokoh atau karakter utama setelah film ke-3. Langkah menggantikan dengan Johny Depp atau “pembuatan ulang” karakter Grindelwald adalah kesalahan besar bagi perkembangan karakter tersebut. Salah satu bagian yang luar biasa adalah CGI dan efek khusus yang begitu menyenangkan dan dibuat dengan baik.
 
Jika Fantastic Beasts: The Secrests of Dumbledore memperoleh US$43 juta pada domestic weekend pertama, dilansir dari boxofficemojo.com, sedangkan Fantastic Beasts and Where to Find Them (2016) dan Fantastic Beasts: The Crimes of Grindelwald (2018) masing-masing memperoleh US$74,4 juta dan US$62,2 juta.

[Baca juga:Debut Kurang Mulus, Akankah Fantastic Beasts Berlanjut Ke Film Keempat? ]

Film ketiga dari 5 film yang akan dibuat dari prekuel Harry Potter ini tidak mampu melebihi atau mendekati pendapatan kotor 2 film sebelumnya pada minggu pertama meskipun diputar di bioskop yang lebih banyak.

Fantastic Beasts: The Secrets of Dumbledore diputar di 4.208 bioskop, sementara 2 film lainnya hanya di 4.144 bioskop pada 2016 silam dan 4.163 bioskop pada 2018 silam.

Pendapatan domestik weekend Fantastic Beasts: The Secrets of Dumbledore membuat pendapatan worldwide mencapai US$193,4 juta dengan komposisi US$43 juta dari pendapatan domestik atau sekitar 22,2 persen dan US$150,4 juta dari internasional atau sekitar 77,8 persen.

Dalam daftar pendapatan domestic weekend pada 15-17 April 2022, Fantastic Beasts: The Secrets of Dumbledore memang mampu mengalahkan pendapatan domestic weekend kedua pada periode yang sama Sonic the Hedgehog 2.

Pendapatan kotor worldwide film Sonic kedua ini bahkan mampu mencapai US$231,8 juta dengan komposisi US$119,6 juta dari pendapatan domestik atau 51,6 persen dan US$112,2 juta dari pendapatan internasional atau sekitar 48,4 persen.

Film Sonic the Hedgehog 2 menduduki posisi keempat dalam daftar 2022 Worldwide Box Office, sementara Fantastic Beasts: The Secrets of Dumbledore hanya berada di peringkat ke-7 atau terpaut 3 peringkat.

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Debut Kurang Mulus, Akankah Fantastic Beasts Berlanjut Ke Film Keempat? 

BERIKUTNYA

Reuni di Panggung Coachella 2022, Simak Fakta-fakta Menarik 2NE1

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: