Food Wars! (kiri atas), Your Name, Your Lie in April, Howl's Moving Castle. (Sumber gambar: Studio Ghibli, J.C. Staff, A1 Pictures)

Ini 10 Makanan Jepang yang Ikonik di Anime, dari Camilan sampai Makanan Berat

16 April 2022   |   20:22 WIB

7. Tamagoyaki

Hidangan lauk berbahan telur ini dimasak dengan cara yang berbeda dari hidangan telur seperti omelet dan telur mata sapi. Tamagoyaki biasanya dibuat menyerupai telur dadar, tapi prosesnya melibatkan penggulungan telur beberapa lapis di panci berbentuk kotak (makiyakinabe) hingga membentuk sebuah gulungan mirip sushi.
 

8. Parfait

Selain kari, parfait juga merupakan makanan khas Jepang yang diadopsi dari negara lain. Berasal dari Prancis, parfait versi Jepang biasanya memiliki cita rasa yang manis dengan kombinasi es krim, topping manis renyah dan krim kocok, serta potongan buah-buahan yang disajikan di gelas parfait.
 

9. Katsudon

Hidangan nasi lain dari Jepang yang terkenal melalui anime adalah katsudon, rice bowl yang disajikan bersama daging babi yang digoreng tepung roti, telur dadar, dan bawang bombay tumis. Hidangan ini biasanya disajikan sebagai salah satu makanan utama dan memiliki variasi yang mirip seperti okonomiyaki (rice bowl dengan daging ayam dan telur yang dimasak dengan saus kecap).
 

10. Sup Miso

Salah satu hidangan sup khas Jepang yang wajib dicoba adalah sup miso yang terbuat dari pasta kacang yang sudah difermentasi atau miso dan dashi atau kaldu khas Jepang. Disajikan sebagai salah satu comfort food dan sampingan bersama nasi, sup ini memiliki tambahan potongan tahu, daun bawang, dan rumput laut atau kelp.

Selain 10 makanan ini, beberapa hidangan khas Jepang yang juga populer dari anime adalah bento (paket bekal makanan dari rumah yang terdiri dari nasi, ayam atau ikan, dan sayuran), onigiri (nasi kepal yang dibentuk bulat atau segitiga dengan isian ikan yang sudah dimasak dan diberi bumbu), nikuman (bakpao khas Jepang dengan isian daging babi cincang), dan lain-lain.

Editor: Dika Irawan
1
2


SEBELUMNYA

5 Fakta Rincian Resmi tentang Serial Weak Hero yang Hadirkan Park Ji-hoon 

BERIKUTNYA

Belum Pulih Sepenuhnya, Pasar Seni Gigih Berupaya Bangkit

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: