Beberapa makanan khas Ramadan (Sumber gambar: Hypeabis.id/Luke Andaresta)

Kolak hingga Barongko, Ini 10 Makanan Khas Ramadan dari Berbagai Daerah

16 April 2022   |   06:00 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

6. Mi Glosor (Bogor)

Jika kamu pecinta hidangan mi, wajib mencicipi Mi Glosor yang khas dari Bogor, Jawa Barat. Bukan hanya namanya yang unik, tekstur mi glosor juga berbeda dengan mi pada umumnya.

Mi glosor terbuat dari tepung singkong atau aci, sehingga tekstur mi menjadi lebih licin dan mudah ditelan. Selain itu, mi glosor juga terbuat dari bahan alami karena warna kuning pada mi berasal dari kunyit.

Penyajian makanan satu ini juga cukup unik. Mi glosor akan diolah dengan cara ditumis dengan sayuran, yang nantinya akan disajikan dengan sambal kacang dan gorengan sebagai pelengkap.
 

7. Kue Bingke (Pontianak)

Tak ketinggalan di Pontianak juga terdapat kuliner khas Ramadan bernama bingke. Ciri khas kue bingke terletak dari bentuknya yang seperti bunga. Soal rasa tidak perlu diragukan. Kue bingke khas Pontianak memiliki tekstur lembut, rasanya gurih dan manis yang akan memanjakan lidah. Kue satu ini sangat cocok menjadi makanan pembuka setelah berpuasa.
 

8. Putu Mangkok (Riau)

Terbuat dari tepung beras, putu mangkok menjadi salah satu takjil yang tidak boleh dilewatkan saat ke Riau. Kue putu mangkok memiliki perpaduan rasa manis dan gurih yang pas. Hal ini berkat parutan kelapa pada bagian luar kue. Sekilas bentuknya memang mirip dengan kue putu pada umumnya. Bedanya, putu mangkok memiliki bentuk kue mirip mangkok terbalik. 
 

9. Bongko Kopyor (Gresik)

Kalau kamu jalan-jalan ke Gresik, Jawa Timur saat bulan puasa jangan lupa menjajal bongko kopyor atau dikenal juga dengan bubur nangka dan kelapa kopyor. Jajanan ini sangat unik karena berisikan bubur mutiara, nangka, roti tawar, kelapa muda, pisang, dan kuah santan. Biasanya bongko kopyor dibungkus dengan daun pisang, sehingga saat menyantapnya akan menambah cita rasa aroma daun pisang yang khas.
 

10. Toge Panyabungan (Sumatra Utara)

Toge panyabungan adalah kuliner khas Ramadan dari Mandailing Natal, Sumatra Utara. Kuliner ini berbentuk minuman manis yang cocok diteguk saat berbuka puasa. Minuman ini berisikan ketan merah, ketan biasa, tape, candil, dan lupis. Semuanya dipadukan dengan santan, gula merah cair, serta cendol yang saling melengkapi.

Editor: Dika Irawan
1
2


SEBELUMNYA

Wow! Cek Fitur Keren Realme 9 Pro Free Fire Edisi Terbatas

BERIKUTNYA

Salah Porsi hingga Terlalu Banyak Gula, Simak 5 Mitos Puasa Ramadan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: