Horizon (Sumber gambar: Meta)

Horizon, Platform VR Sosial dari Meta Tembus 300.000 Pengguna 

18 February 2022   |   15:49 WIB

Raksasa media sosial Meta - sebelumnya bernama Facebook - telah menunjukkan komitmennya untuk mengembangkan dunia maya atau virtual masa depan yang disebutnya sebagai metaverse. Istilah yang belakangan telah menarik perhatian publik. 

Salah satu upaya Meta untuk menghadirkan metaverse adalah dengan mengembangkan peralatan penunjang seperti headset virtual reality (VR) dan platform pendukungnya. Baru-baru ini, perangkat VR Quest yang disebut Horizon Worlds dipamerkan dalam iklan Super Bowl Meta. 

Dilansir dari The Verge, Chief Product Officer Chris Cox memberikan karyawan pembaruan yang sebelumnya tidak dilaporkan tentang pertumbuhan pengguna Horizon, sebuah platform virtual reality sosial yang dikembangkan oleh perusahaan. 

Dia mengatakan bahwa sejak Horizon Worlds diluncurkan ke semua pengguna Quest di kawasan Amerika Serikat dan Kanada pada awal Desember lalu, basis pengguna bulanannya telah tumbuh 10 kali lipat mencapai 300.000 orang. 

Spokesperson Meta Joe Osborne mengonfirmasi hal tersebut dan menyebut bahwa angka itu merupakan gabungan pengguna Horizon Worlds dan Horizon Venues, yang merupakan aplikasi terpisah untuk menghadiri acara langsung menggunakan headset VR. 

Mirip seperti platform gim Roblox atau Minecraft, Horizon World memungkinkan pengguna membangun lingkungan khusus untuk beraktivitas dan bermain gim sebagai sebuah avatar tiga dimensi. Perusahaan menyebut bahwa saat ini sudah ada 10.000 dunia terpisah telah dibangun di Horizon Worlds. 
 

Kendati disebutkan bahwa platform metaverse dari perusahaan itu tumbuh 10 kali lipat hanya dalam beberapa bulan sejak diluncurkannya, tetapi masih terlalu dini untuk mengungkap potensi platform ke depannya. 

Terlebih, Meta hingga saat ini masih belum mengungkap berapa angka penjualan headset VR Quest mereka. Beberapa pihak memperkirakan bahwa perusahaan di bawah pimpinan Mark Zuckerberg itu mematok penjualan lebih dari 10 juta Quest. 

Bos perusahaan itu belum lama ini menyebut bahwa Meta akan merilis versi Horizon untuk ponsel pada akhir tahun ini. Dia mengatakan nantinya aplikasi itu akan membawa pengalaman metaverse awal ke lebih banyak orang di luar pengguna VR. 


Editor : Gita
SEBELUMNYA

Punya Banyak Barang Lama Tak Terpakai? Masih Bisa Dijual Lho!

BERIKUTNYA

83 Seniman Pamer Karya dalam Magic: The Gathering Virtual Art Exhibition

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: