Ilustrasi (Dok. Photo by Trang Doan from Pexels)

Sehat dan Menyegarkan, Simak Fakta Menarik Buah-Buahan Ini

26 February 2022   |   17:08 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Buah adalah sumber makanan favorit semua orang yang merupakan hadiah dari alam, bergizi, serta memiliki berbagai jenis, bentuk dan rasa. Buah-buahan juga sarat dengan vitamin, mineral, dan serat makanan yang menjadikannya obat alami dan berguna bagi tubuh kita.

Buah-buahan dengan warna tertentu memiliki fungsi tersendiri untuk kesehatan tubuh. Misalnya buah berwarna merah bagus untuk kesehatan jantung, buah berwarna oranye dapat menjaga kesehatan mata, buah berwarna kuning menjaga imun, serta buah berwarna hijau memperkuat tulang dan gigi.

Mengkonsumsi buah tidak hanya penting untuk kesehatan dan memelihara tubuh, tetapi ada banyak manfaat lain seperti membuat kulit tampak bercaya dan awet muda karena buah-buahan kaya akan anti-oksidan.

Berikut ini fakta menarik tentang buah-buahan, salah satunya mungkin favorit Genhype:

1. Persik
 

Ilustrasi (Photo by Sami Aksu from Pexels)

Ilustrasi (Photo by Sami Aksu from Pexels)

Di budaya China, pohon persik dianggap sebagai pohon kehidupan dan buah persik adalah simbol keabadian dan kesatuan. Tumbuh di dataran China sejak tahun 1.000 sebelum masehi, buah ini berkelana ke Barat melalui jalur sutra hingga sampai di Persia. Di sini buah persik ditemukan oleh Aleksander Agung dan jadi salah satu buah favoritnya.

Persik adalah sumber vitamin A, B, dan C yang baik. Persik ukuran sedang hanya mengandung 37 kalori. Jus dari buah persik merupakan zat pelembab yang luar biasa, dan dapat ditemukan di banyak produk kosmetik. Namun, biji persik mengandung asam hidrosianat, yang merupakan zat beracun. Beberapa orang bahkan memiliki reaksi alergi terhadap kulitnya yang berbulu halus, ingat film Parasite?

2. Mangga
 

Ilustrasi. (Dok. Photo by Ravi Kant from Pexels)

Ilustrasi. (Dok. Photo by Ravi Kant from Pexels)

Genhype tahu tidak? Mangga adalah buah nasional Pakistan, India dan Filipina. Pohon mangga juga merupakan pohon nasional Bangladesh.

Lebih dari 43 juta ton mangga diproduksi secara global dan hampir semuanya adalah mangga varietas Tommy Atkins, yang tumbuh cepat, memiliki ukuran dan warna yang bagus, tahan terhadap berbagai jenis jamur, tidak mudah rusak, dan tahan lama di rak supermarket. Semua karakteristik ini membuatnya ideal untuk diekspor ke seluruh dunia. Sayangnya, mangga varietas ini berserabut dan relatif hambar.

Mangga sangat baik untuk tubuh. Satu cangkir mangga mengandung sekitar 60 miligram vitamin C, sedangkan orang dewasa berusia 19-64 tahun membutuhkan 40 miligram vitamin C sehari. Manfaat kesehatan mangga tidak berhenti di situ. Mangga mengandung lebih dari dua puluh vitamin dan mineral yang berbeda, kaya akan vitamin A, potasium, folat – dan juga menyediakan serat yang padat. 

3. Sirsak
 

Buah sirsak/prenagen

Buah sirsak/prenagen


Selain dikenal sebagai sirsak, buah ini punya banyak nama lain di samping nama ilmuahnya, Annona Muricata. Di Kamboja buah ini dikenal sebagai tearb barung, di Vietnam sebagai mang cau xiem dan di Malaysia disebut dengan durian Belanda. Buah ini berasal dari Karibia dan Amerika tengah, tetapi sekarang banyak dibudidayakan di negara beriklim tropis dan subtropis di seluruh dunia.

Daging buahnya terdiri dari pulp putih yang terasa manis dan banyak digunakan untuk membuat nektar buah, smoothie, minuman jus buah, permen, sorbet, perasa es krim, dan lain-lain.

Banyak bagian dari tanaman sirsak yang digunakan sebagai obat termasuk daun, buah dan batangnya. Banyak juga sumber yang mempromosikan sirsak untuk penyembuhan kanker, tetapi masih diperlukan penelitian ilmiah untuk membuktikannya.
 
1
2


SEBELUMNYA

Rival Menangkan Penghargaan Creator of the Year TikTok Awards Indonesia 2021

BERIKUTNYA

Aman Berinternet dengan Windows Defender

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: