Pemerintah Kota Seoul dan Kakao Siapkan Arena Khusus K-Pop
08 April 2022 |
20:21 WIB
Raksasa teknologi Korea Selatan, Kakao, dan Pemerintah Kota Seoul dikabarkan telah menandatangani kesepakatan untuk membangun arena yang didedikasikan untuk K-Pop. Disebut dengan Seoul Arena, komplek multikultur ini akan mulai dibangun pada Juni mendatang.
Adapun, lokasi dari arena ini nantinya berada di kawasan Dobong-gu utara, Kota Seoul, yang diperkirakan dapat menampung lebih dari 20.000 penonton untuk konser skala menengah hingga besar dan siap dibuka pada Oktober 2025.
Menurut informasi dari Kakao, Seoul Arena akan menampung pengunjung dengan fasilitas konser berkapasitas 19.000 tempat duduk dan maksimal 28.000 di area festival. Sebelumnya, konser berskala besar dari artis dan grup papan atas yang diadakan di kota Seoul sering kali diadakan di Stadion Olimpiade atau arena luar ruang lainnya.
Kakao juga menambahkan bahwa Seoul Arena nantinya juga akan dilengkapi dengan peralatan audio canggih berkualitas tinggi yang dipastikan akan memberikan pengalaman konser musik yang sempurna. Selain itu, arena ini juga akan menyediakan tempat untuk konser skala menengah dengan kapasitas maksimal 7.000 penonton, bioskop dan fasilitas komersial lainnya.
Dilansir melalui situs Kakao Corp., pihak perusahaan memperkirakan Seoul Arena dapat menarik setidaknya 1,8 juta pengunjung tiap tahun. Kakao maupun Pemerintah Kota Seoul berharap arena ini dapat berkontribusi untuk menguatkan ekonomi domestik, mendukung ekosistem konser musik di ibu kota, serta menyediakan berbagai konten budaya termasuk pertunjukan K-pop.
Di samping itu, Kakao adalah investor utama di perusahaan baru yang nantinya akan mengawasi desain, konstruksi, operasi, dan pemeliharaan Seoul Arena.
Menurut pemerintah kota Seoul, proyek ini diperkirakan menelan biaya 312 miliar won atau sekitar Rp3,65 triliun. Kakao akan membiayai 97 persen dari modal perusahaan tanpa merinci berapa persentase biaya pembangunan yang mereka gelontorkan.
Di sisi lain, Kakao juga sedang menyusun rencana untuk menjalankan program yang akan membina calon seniman dan menyediakan area untuk mereka berkreasi.
Pemerintah Korea Selatan tampaknya juga tengah menyiapkan arena yang khusus didedikasikan bagi K-Pop di kota Goyang, provinsi Gyeonggi.
Proyek yang disebut CJ LiveCity Arena, dipelopori oleh CJ LiveCity, anak perusahaan dari perusahaan hiburan Korea Selatan CJ ENM, dalam kemitraan dengan perusahaan olahraga dan hiburan langsung AEG.
Arena ini diperkirakan akan dibukan pada tahun 2024 dan dirancang untuk menampung 20.000 pengunjung dalam ruangan dengan tambahan 40.000 di luar ruangan.
Jika sudah beroperasi CJ LiveCity Arena, yang menyerap investasi senilai Rp24 triliun itu, disebut siap untuk menyelenggarakan hingga 190 acara setiap tahun.
Editor: Fajar Sidik
Adapun, lokasi dari arena ini nantinya berada di kawasan Dobong-gu utara, Kota Seoul, yang diperkirakan dapat menampung lebih dari 20.000 penonton untuk konser skala menengah hingga besar dan siap dibuka pada Oktober 2025.
Menurut informasi dari Kakao, Seoul Arena akan menampung pengunjung dengan fasilitas konser berkapasitas 19.000 tempat duduk dan maksimal 28.000 di area festival. Sebelumnya, konser berskala besar dari artis dan grup papan atas yang diadakan di kota Seoul sering kali diadakan di Stadion Olimpiade atau arena luar ruang lainnya.
Kakao juga menambahkan bahwa Seoul Arena nantinya juga akan dilengkapi dengan peralatan audio canggih berkualitas tinggi yang dipastikan akan memberikan pengalaman konser musik yang sempurna. Selain itu, arena ini juga akan menyediakan tempat untuk konser skala menengah dengan kapasitas maksimal 7.000 penonton, bioskop dan fasilitas komersial lainnya.
Dilansir melalui situs Kakao Corp., pihak perusahaan memperkirakan Seoul Arena dapat menarik setidaknya 1,8 juta pengunjung tiap tahun. Kakao maupun Pemerintah Kota Seoul berharap arena ini dapat berkontribusi untuk menguatkan ekonomi domestik, mendukung ekosistem konser musik di ibu kota, serta menyediakan berbagai konten budaya termasuk pertunjukan K-pop.
Di samping itu, Kakao adalah investor utama di perusahaan baru yang nantinya akan mengawasi desain, konstruksi, operasi, dan pemeliharaan Seoul Arena.
Menurut pemerintah kota Seoul, proyek ini diperkirakan menelan biaya 312 miliar won atau sekitar Rp3,65 triliun. Kakao akan membiayai 97 persen dari modal perusahaan tanpa merinci berapa persentase biaya pembangunan yang mereka gelontorkan.
Di sisi lain, Kakao juga sedang menyusun rencana untuk menjalankan program yang akan membina calon seniman dan menyediakan area untuk mereka berkreasi.
CJ LiveCity Arena. (Sumber Gambar: CJ LiveCity)
Proyek yang disebut CJ LiveCity Arena, dipelopori oleh CJ LiveCity, anak perusahaan dari perusahaan hiburan Korea Selatan CJ ENM, dalam kemitraan dengan perusahaan olahraga dan hiburan langsung AEG.
Arena ini diperkirakan akan dibukan pada tahun 2024 dan dirancang untuk menampung 20.000 pengunjung dalam ruangan dengan tambahan 40.000 di luar ruangan.
Jika sudah beroperasi CJ LiveCity Arena, yang menyerap investasi senilai Rp24 triliun itu, disebut siap untuk menyelenggarakan hingga 190 acara setiap tahun.
Editor: Fajar Sidik
Komentar
Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.