Perangkat tablet banyak digunakan untuk keperuan gambar dan desain digital (Sumber gambar: Unsplash/Windows)

Perlu Tablet Untuk Gambar & Desain? Coba Cek Dulu Daftar Ini

08 April 2022   |   16:18 WIB
Image
Syaiful Millah Content Manager Assistant Hypeabis.id. Menulis isu seputar teknologi/digital.

Pemanfaatan teknologi digital juga telah merambah dunia seni grafis. Saat ini, ada banyak seniman, ilustrator, atau desainer grafis yang mulai beralih menggunakan perangkat teknologi untuk menghasilkan karya seni mereka. 

Salah satu produk yang digunakan adalah tablet. Akan tetapi, ada ragam jenis tablet yang beredar di pasaran saat ini. Mulai dari tablet umum, tablet khusus gim, dan tentunya ada juga tablet untuk keperluan grafis. 

Buat kalian para pelaku seni grafis atau Genhype yang ingin belajar desain grafis digital, berikut ini adalah beberapa tablet terbaik yang bisa kalian gunakan untuk menciptakan karya: 
 

1. Wacom Cintiq 

Pelaku seni kreatif visual pasti sudah tidak asing lagi dengan merek tablet Wacom. Perusahaan ini merupakan salah satu di antara sedikit yang benar-benar berfokus menghasilkan tablet untuk keperluan menggambar. 

Salah satu produk terbaiknya adalah Wacom Cintiq 22. Seperti namanya, tablet ini punya layar luas 22 inci dengan resolusi Full HD yang tajam. Tablet juga telah dilengkapi dengan Wacom Pro Pen 2 yang menawarkan 8.192 tingkatan sensitivitas. 
 

2. Apple iPad Pro 

Apple iPad memang bukan tablet yang secara spesifik dirancang untuk para seniman. Akan tetapi, banyak para pelaku seni menggunakan iPad sebagai alat utama mereka dalam berkarya, salah satu yang populer adalah iPad Pro. 

Keunggulan iPad untuk keperluan grafis ada pada kemampuan proses M1 yang bisa menangani banyak komputasi, begitu juga dengan pengalaman menggambar menggunakan Apple Pencil yang oke. Selain itu, tentunya pengguna bisa memakai perangkat untuk berbagai keperluan lain seperti bekerja, bermain, dan lain-lain. 
 

3. Huion Kamvas 22 Plus 

Selain Wacom, nama produsen tablet menggambar yang populer adalah Huion. Salah satu produk terbarunya yakni Huion Kamvas 22 Plus menawarkan pengalaman penggunaan untuk keperluan gambar dan grafis yang komplet. 

Ini dibekali dengan layar berukuran 22 inci rasio 16:9 dengan resolusi Full HD, dengan cakupan 140 persen sRGB. Layarnya juga dibuat dari bahan kaca anti silau dan anti gores. Tablet ini juga telah dilengkapi dengan pena yang sudah dapat diandalkan. 
 

4. Microsoft Surface Pro 8 

Secara umum tablet Microsoft Surface Pro 8 disebut-sebut bisa bersaing sejajar dengan iPad. Keunggulannya tentu saja proses intel Core i5 yang punya performa tinggi dan sistem operasi Windows yang sudah familiar bagi banyak orang. 

Bagian layarnya juga premium dengan resolusi 2.880 x 1920 piksel dan opsi kecepatan refresh rate hingga 120Hz. Hanya saja, Microsoft umumnya menjual Surface Pen secara terpisah, jadi kalian perlu membelinya lagi sebagai tambahan. 
 

5. Samsung S8 Ulta 

Produk tablet terbaru dan terkuat dari raksasa Korea Selatan yakni Samsung S8 Ultra merupakan salah satu yang bisa dilirik untuk keperluan desain. Terutama dengan layar ukuran besar 14,6 inci dan resolusi Super AMOLED serta cip Snapdragon 8 Gen 1 untuk komputasi kompleks. 

Samsung juga telah menyediakan S-Pen dalam paket pembelian yang sudah sangat bisa diandalkan, dengan latensi yang rendah. Selain itu, perusahaan juga memiliki perangkat lunak seperti Clip Studio Paint yang punya banyak fitur untuk menggambar. 

Editor : Nirmala Aninda
SEBELUMNYA

Ayo Gerak! Begini Cara Tepat Berolahraga Saat Puasa

BERIKUTNYA

5 Mitos Seputar Olahraga yang Tidak Perlu Dihiraukan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: