Cuplikan menu Show Kitchen dan Live Cooking Session dari paket Ramadhan Nusantara. (Sumber gambar: Raffles Hotel)

Intip 12 Hidangan Signature dalam Menu Ramadhan Nusantara Raffles Hotel

07 April 2022   |   23:42 WIB

Ada juga menu Barramundi Arsik yang menggunakan ikan Barramundi atau ikan kakap putih fillet yang dibakar dengan jahe, lalu diberi bumbu campuran kacang dan jeruk serta keripik kentang manis berwarna hitam sebagai pendamping.

Lalu, menu daging lainnya adalah nasi bebek ireng yang terinspirasi dari bebek goreng khas Madura, Jawa Timur. Dimasak dengan teknik slow cook, bebek ini hadir dengan sambal ijo dan bumbu serundeng serta didampingi dengan nasi berwarna hitam yang dimasak dengan jeruk nipis dan tinta cumi.

Selain tiga menu ini, ada juga beberapa menu lain seperti Jasper grilled tiger prawn yang merupakan udang bakar dengan jagung bakar dan sambal; Rendang tortellini yang mengombinasikan daging rendang dengan beef consommé dan jamur king oyster; dan sate ayam yang dimasak dengan teknik slow cook.

Menu Barramundi Arsik (kanan atas). (Sumber gambar: Raffles Hotel)

Menu Nasi Bebek Ireng (atas). (Sumber gambar: Laurensia Felise/Hypeabis.id)

Menu Barramundi Arsik (kanan atas). (Sumber gambar: Laurensia Felise/Hypeabis.id)

Menu Barramundi Arsik (kanan atas). (Sumber gambar: Laurensia Felise/Hypeabis.id)

Kategori lain untuk hidangan Ramadhan Nusantara adalah hidangan khas Jepang, Patisserie, dan berbagai jenis minuman. Dari kategori ini, ada beberapa menu signature yang perlu dicoba seperti Usuzukuri fish with calamansi ponzu dan kombucha. 

Untuk menu sashimi Usuzukuri fish with calamansi ponzu, Lukman bercerita bahwa ikan yang digunakan adalah ikan segar dari Lombok, Nusa Tenggara Barat dan menggunakan bumbu kombinasi jeruk calamansi dan ponzu sehingga sashimi yang dikonsumsi lebih asam dari sashimi biasa dan terasa segar karena kandungan asam pada bumbunya.

Sementara itu, beberapa minuman hidangan yang menjadi ciri khas adalah teh kombucha dengan tiga varian rasa: apel, buah naga, dan leci. Berbeda dengan kombucha pada umumnya yang cenderung kuat dan asam sebagai dampak dari fermentasi yang dilakukan lebih dari satu bulan, kombucha ini justru cenderung lebih ringan karena masa fermentasinya yang hampir mencapai tiga minggu sehingga cocok untuk mereka yang baru mencoba minuman tersebut.

Melalui sajian Ramadhan Nusantara, Lukman berharap bahwa hidangan khas Indonesia yang dibuat dengan pendekatan yang lebih modern dan refined ini bisa memberikan pengalaman baru bagi konsumen terhadap masakan Indonesia yang dibuat dengan teknik yang berbeda dan bisa sesuai dengan lidah konsumen meski hidangan tersebut tidak seotentik dengan menu asalnya.

Editor: M R Purboyo
1
2


SEBELUMNYA

Pameran Seni Rupa Art Jakarta Gardens Digelar di Hutan Kota

BERIKUTNYA

Kolaborasi Epic Games & LEGO Group Bakal Kembangkan Metaverse untuk Anak-anak

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: