Cuka putih merupakan cairan kombinasi air dan asam asetat (Sumber gambar: Freepik)

6 Manfaat Cuka Putih, Antioksidan hingga Jaga Kesehatan Telinga

07 April 2022   |   20:04 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Cuka putih merupakan cairan kombinasi air dan asam asetat yang telah digunakan selama berabad-abad sebagai obat, pengawet dan suplemen kesehatan. Selain digunakan sebagai bahan masakan, cuka putih juga memiliki manfaat dalam membersihkan ruangan dan menghilangkan gulma.

Jenis cuka yang satu ini dibuat melalui proses fermentasi makanan seperti gula bit, kentang atau molase. Seiring waktu, sebagian besar jenis cuka dibuat dengan proses fermentasi alkohol biji-bijian, termasuk bahan-bahan lain seperti fosfat dan ekstrak ragi.

Cuka putih juga menawarkan segudang manfaat bagi kesehatan ketika dicampurkan dalam masakan. Melansir dari livestrong, Kamis (7/4/2022), berikut adalah 7 manfaat cuka putih bagi kesehatan.


1. Sebagai antioksidan

Cuka putih dikemas dengan mikronutrien dan senyawa seperti polifenol dan melanoidin yang bertindak sebagai antioksidan yang bisa melindungi sel-sel dari kerusakan. Pada gilirannya, antioksidan juga dapat melindungi tubuh dari penyakit jantung, obesitas dan kanker.


2. Bantu sehatkan jantung

Beberapa kandungan dalam cuka putih juga berpotensi untuk mendukung kesehatan jantung yang telah dikaitkan dengan tekanan darah rendah. Selain itu, mengonsumsi suplemen dari cuka putih setiap hari juga dikaitkan dengan peningkatan kadar kolesterol baik dan penurunan kolesterol jahat.

(Baca juga: Biar Puasa Lancar, Ini 7 Buah yang Cocok disantap Saat Sahur)

 

Towfiqu barbhuiya

Cuka putih menawarkan segudang manfaat bagi kesehatan (Sumber gambar: Towfiqu barbhuiya/Unsplash)

3. Mengontrol gula darah

Menurut penelitian di Journal of Evidence-Based Integrative Medicine, cuka putih telah terbukti mempengaruhi tubuh untuk memproses glukosa dan membantu memperlambat pencernaan ketika ditambahkan ke dalam makanan bertepung, dimana hal itu dapat mencegah lonjakan gula darah.


4. Bantu turunkan berat badan

Karena memperlambat pencernaan, cuka putih juga dapat membantu kamu merasa kenyang lebih lama, sehingga cenderung akan makan dalam porsi yang lebih sedikit. Meski demikian, masih belum cukup bukti yang konsisten untuk menunjukkan hubungan yang kuat antara cuka dan penurunan berat badan.


5. Jaga kesehatan telinga

Telinga yang terdapat banyak kotoran dapat dibersihkan dengan cara memasukkan cuka putih ke dalam telinga. Beberapa cara yang bisa dilakukan yakni mencampurkan cuka putih dengan air hangat, menggunakan jarum suntik untuk memasukkan cairan cuka putih, dan memiringkan kepala untuk membiarkan cairan mengalir keluar.

Selain untuk membersihkan kotoran pada telinga, cuka juga bisa digunakan untuk infeksi telinga, seperti misalnya bakteri yang masuk ke dalam telinga saat berenang.


6. Sebagai antimikroba

Cuka putih juga dapat membantu mengobati berbagai kondisi seperti jamur pada kuku, kutil dan kutu. Kandungan asam asetat pada cuka putih juga dapat membantu mengelola infeksi luka bakar. Namun, perlu dilakukan penelitian lebih untuk menetapkan kemampuan cuka putih mengobati kondisi tersebut dan bagaimana cara yang tepat menerapkannya.

Editor: M R Purboyo
 

SEBELUMNYA

Ubisoft Umumkan Game Baru Rainbow Six Mobile 

BERIKUTNYA

Pameran Seni Rupa Art Jakarta Gardens Digelar di Hutan Kota

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: