Kemacetan lalu lintas mengakibatkan polusi udara. (Sumber gambar: Hypeabis/Nurul Hidayat)

Hari Kesehatan Dunia 7 April, Yuk Selamatkan Planet Kita

07 April 2022   |   19:08 WIB

Sebagai umat manusia tentu kita berharap bumi dan seisinya memiliki lingkungan yang bersih dan minim polusi, sehingga akan tercipta hidup sehat, berkualitas dan produktif. Menciptakan masyarakat yang sejahtera, itulah yang menjadi penekanan World Health Organization (WHO) dalam memperingati Hari Kesehatan Dunia tahun ini.

Seperti diketahui, Hari Kesehatan Dunia diperingati setiap 7 April yang merupakan tanggal berdirinya organisasi WHO yang berada di bawah Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) tersebut.

WHO memperkirakan lebih dari 13 juta kematian setiap tahun karena  masalah lingkungan yang tidak bisa dihindari. Ini termasuk krisis iklim yang merupakan ancaman kesehatan terbesar yang dihadapi umat manusia.

“Krisis iklim adalah krisis kesehatan: pilihan ketidakberlanjutan yang sama, membunuh planet kita adalah membunuh manusia,” kata Dirjen WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus dalam keterangan persnya seperti dikutip dalam laman  WHO.
 
Hari Kesehatan Dunia/paho.org
Terkait dengan hal tersebut, lanjut Tedros, dunia membutuhkan solusi yang trans formatif untuk mengurangi dunia dari ketergantungan bahan bakar fosil, merencanakan kembali masyarakat dan  ekonomi yang berfokus pada kesejahteraan dan melindungi planet yang menjadi tempat bersandar kesehatan manusia.

Menurut WHO, saat ini lebih dari 90 persen manusia bernafas dari udara hasil pembakaran bahan bakar fosil. Dunia yang memanas juga mengakibatkan nyamuk makin menyebar lebih jauh dan lebih cepat dibandingkan dengan sebelumnya.

Cuaca ekstrem, degradasi dan kelangkaan air juga mempengaruhi kesehatan manusia. Plastik dan polusi kini sudah ditemukan di dasar laut yang paling dalam, puncak gunung tertinggi, dan bahkan sudah menuju ke jaringan makanan kita. Sistem juga memproduksi makanan yang highly processed. Makanan dan minuman yang tidak sehat dapat,menimbulkan obesitas, meningkatnya kanker dan penyakit jantung serta penyakit lainnya.

Manifesto WHO untuk meyakinkan pemulihan hijau dan sehat dari pandemi Covid-19 antara lain dilakukan dengan menjaga dan menciptakan alam sebagai sumber kesehatan manusia.

Selain itu badan kesehatan dunia itu juga mendorong investasi pada  pelayanan esensial untuk air dan sanitasi, energi bersih dalam fasilifas perawatan kesehatan, meyakinkan transisi energi secara cepat dan sehat, mempromosikan sistem makanan yang sehat dan berkelanjutan, membagun bangunan yang sehat dan kota layak huni, dan menghentikan penggunaan uang pajak untuk mendanai polusi.

Geneva Charther untuk kesejahteraan menggarisbawahi komitmen global yang diperlukan untuk mencapai derajat kesehatan dan sosial untuk generasi mendatang, tanpa merusak kesehatan planet kita.

Nah, Genhype, kita juga bisa  menyumbang upaya untuk menyelamatkan dan menciptakan kesejahteran dunia. Hanya butuh aksi kecil kita antara lain menggunakan transportasi publik untuk bepergian, mengurangi penggunaan plastik, mengonsumsi makanan sehat, menggunakan alat yang bisa dipakai berulang atau didaur ulang.

Banyak langkah yang dapat kita lakukan. Aksi yang kita ambil tidak hanya bermanfaat untuk kita sendiri, tetapi dampaknya juga akan dirasakan oleh generasi mendatang. Setuju?

Editor: M R Purboyo

SEBELUMNYA

Gaya Multi-Melt, Tren Warna Rambut Terbaru yang Wajib Dicoba

BERIKUTNYA

Ubisoft Umumkan Game Baru Rainbow Six Mobile 

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: