Router Wi-Fi (Sumber gambar: Unsplash/Comapre Fibre)

Coba 5 Tip Ini Supaya Koneksi Wi-Fi Lebih Kencang

04 April 2022   |   14:29 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Wi-Fi sudah menjadi sarana konektivitas yang dipakai banyak orang. Jaringan ini telah ada di banyak tempat, mulai dari rumah, kantor, kafe, atau bahkan fasilitas umum semisal bandara hingga terminal. Konektivitas alat ini seringkali diandalkan selain memanfaatkan data seluler masing-masing. 

Kecepatan jaringan Wi-Fi bergantung pada banyak hal teknis seperti pemilihan router, paket, dan lain sebagainya. Dilansir Gadgets Now, berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mendapatkan koneksi Wi-Fi yang lebih baik : 
 

1. Pindahkan router 

Selain pemilihan, penempatan perangkat router juga bisa berdampak pada koneksi Wi-Fi yang dihasilkan. Sinyal ini memang dapat menjangkau tempat yang jauh, tapi juga dapat terganggu oleh gelmobang radio dari perangkat lain seperti telepon nirkabel hingga pengeras suara Bluetooth. 

Jadi, upayakan untuk menempatkan router di lokasi pusat ruangan atau di tempat yang tinggi. Hindari meletakkan perangkat ini di lantai atau dalam area tertutup karena akan menghambat konektivitas. 
 

2. Beralih pita frekuensi 

Saat ini, hampi semua router hadir dengan dua pita frekuensi yakni 2,4GHz dan 5GHz. Pita atau band yang digunakan memiliki karakteristik berbeda yang juga berpengaruh pada kecepatan jaringan yang dihasilkan. 

Pita 5GHz memungkinkan konektivitas internet yang lebih cepat, tetapi memiliki jangkauan yang lebih pendek. Sementara itu, pita jaringan 2,4GHz memungkinkan jangkauan area yang lebih luas tetapi konektivitas lebih lambat. 
 

3. Sesuaikan antena router

Salah satu tips yang paling mudah dan simpel dilakukan adalah mengkonfigurasi ulang posisi antena router. Bagian ini umumnya bersifat omnidirectional, yang berarti dapat menembakkan sinyal ke segala arah yang tegak lurus. 

Hanya saja, jika kalian perlu meregangkan sinyal Wi-Fi ke beberapa lantai, maka perlu dilakukan penyesuaian antena ke posisi horizontal. Dengan demikian, antena akan dapat menyebarkan sinyal ke arah atas maupun bawah. 
 

4. Perluas Jaringan Wi-Fi 

Kalau kalian telah mencoba melakukan beberapa tip di atas tapi masih merasa mengalami kendala terkait konektivitas, cobalah untuk memperluas area jaringan Wi-Fi yang dimiliki. 

Hal ini bisa dilakukan dengan banyak cara. Misalnya memakai kabel ethernet yang terhubung dengan titik akses di router. Cara lainnya adalah mendapatkan sistem Wi-Fi mesh yang bisa menggantikan router normal dari penyedia jasa internet. 
 

5. Meningkatkan koneksi 

Bagaimana pun, internet yang jelek bisa saja disebabkan oleh faktor koneksi yang memang lambat. Jika demikian, hal yang perlu dilakukan adalah meningkatkan layanan koneksi dari penyedia atau vendor, sehingga kecepatan internetnya bisa naik dan lebih baik. 

Hal yang perlu diperhatikan adalah untuk terus melakukan pemeriksaan kecepatan internet secara berkala, jika koneksinya tidak pernah mencapai kecepatan 100 persen, maka hubungi penyedia layanan untuk diperiksa. 

Editor : Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Intip 6 Fakta Menarik tentang Rempah Pala dari Papua

BERIKUTNYA

Tim Aprilia Sabet Kemenangan Pertama di MotoGP Argentina

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: