Cuplikan film CODA (Sumber gambar: Apple TV)

Jadi Best Picture Oscar 2022, Simak 5 Fakta Menarik Film CODA

29 March 2022   |   19:25 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

4. Dapat tanggapan positif dari komunitas tunarungu.

Menurut laporan USA Todays, film CODA mendapatkan banyak tanggapan positif terutama berkat akting dari para pemain untuk menampilkan karakter tunarungu. Menurut mereka, film CODA mampu menampilkan kaum tunarungu yang mandiri dan berdaya. Hal ini sekaligus mematahkan stereotip bahwa mereka sering menyusahkan banyak orang.

Wakil ketua organisasi nirlaba Respect Ability, Delbert Whetter, mengatakan film CODA menjadi tontonan yang segar untuk melihat kisah para penyandang disabilitas yang bisa memberdayakan bahkan menjadi pemimpin sebuah komunitas di sekitarnya.

“Setelah melihat begitu banyak cerita di mana para penyandang disabilitas digambarkan sebagai jiwa yang tak berdaya dan sedih yang perlu diselamatkan, sangat menyegarkan untuk melihat film ini,” katanya.
 

5. Troy Kotsur jadi aktor tuli peraih Oscar

Troy Kotsur memecahkan rekor artis pemenang Oscar yang memiliki keterbatasan pendengaran alias tunarungu setelah 35 tahun. Adapun pemain film tuna rungu pertama yang mendapatkan piala The Academy Awards yakni Marlee Matlin sebagai aktris terbaik pada 1987 dalam perannya dalam film Children of a Lesser God. 

Dalam pidatonya dengan bahasa isyarat, Kotsur memberikan penghormatan khusus kepada ayahnya yang telah memberinya kesempatan untuk mengembangkan kemampuannya sebagai seorang aktor. 

Dia juga mendedikasikan penghargaan tersebut kepada komunitas tunarungu, keluarga CODA serta komunitas penyandang cacat. “Ini adalah momen kita,” kata Kotsur.

Editor: Fajar Sidik
1
2


SEBELUMNYA

Spotify Hadirkan Koleksi Playlist Lagu dan Podcast Spesial Ramadan

BERIKUTNYA

Ini Alasan Drama Audio Digemari Lagi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: