ilustrasi kameramen mengambil gambar (Sumber gambar: pexels/ le minh)

Ini Awal Mula Piala Oscar, Berawal dari Sebuah Makan Malam di Rumah Founder Metro-Goldwyn-Mayer

28 March 2022   |   18:04 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Piala Oscar 2022 baru saja dihelat. Coda menjadi film terbaik dalam ajang bergengsi, dan aktor Will Smith terpilih menjadi pemeran utama terbaik dalam ajang tersebut.

Untuk kalian ketahui, penyelenggaraan ajang yang bernama asli Academy Awards pada 2022 ini merupakan ajang yang ke-94. Lalu, bagaimana ya awal mula ajang bergengsi bagi para sineas film dunia ini ada?

Dilansir dari laman Oscars.org, pada 1927, saat makan malam di rumah, Kepala Studio M-G-M Louis B. Mayer dan tamunya berbicara tentang membuat sebuah grup terorganisir untuk memberikan manfaat bagi industri film.

Menindaklanjuti hal tersebut, sebanyak 36 undangan dari semua cabang kreatif yang ada di industri film melakukan makan malam di hotel Ambassador Los Angeles 1. Mereka datang untuk mendengarkan proposal pendirian Internasional Academy of Motion Picture Arts and Sciences.

“Anggaran dasar segera disajikan dan petugas dipilih dengan Douglas Fairbanks sebagai presiden,” demikian tertulis dalam laman tersebut.

Ajang Academy Awards pertama terselenggara pada 16 Mei 1929 di Blossom Room Hotel Roosevelt dengan 270 peserta. Para penerima penghargaan, pada saat itu, mendapatkan pengumuman 3 bulan sebelum penyelenggaraan.

Akademi merahasiakan para pemenang pada tahun-tahun berikutnya, tetapi memberikan daftar awal kepada surat kabar untuk diterbitkan pada pukul 11.00 malam. Langkah ini berlanjut hingga 1940, ketika Los Angeles Times menerbitkan pemenang dalam edisi malam penganugerahan. 

Kondisi itu mendorong penyelenggara membuat sistem nama pemenang berada dalam amplop tertutup, dan berlangsung hingga kini.

Pada 1929, pemenang kategori aktor dalam ajang tersebut adalah Emil Jannings dengan film The Last Command dan The Way of All Flesh. Jannings menang setelah mengalahkan Richard Barthelmess yang masuk nominasi melalui film The Noose dan The Patent Leather Kid.

Sementara pemenang untuk kategori Aktris adalah Janet Gaynor melalui film 7th Heaven, Street Angel, dan Sunries. Gaynor memenangkan kategori setelah mengalahkan Louise Dresser dalam film A Ship Comes In dan Gloria Swanson melalui Sadie Thompson.

Editor: Dika Irawan
 

SEBELUMNYA

Tampar Chris Rock, Will Smith Terancam Kehilangan Piala Oscar?

BERIKUTNYA

Billie Eilish & Finneas O'Connell Sabet Piala Oscar 2022 Berkat Lagu No Time to Die

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: