Wendi Paisal, Pemilik Indahfashion26 (Sumber gambar: Shopee)

Bermodal Rp1 Juta, Pria Asal Bandung Ini Sukses Bangun Bisnis Online

23 March 2022   |   07:13 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Keberanian Wendi Paisal merintis usaha sendiri berbuah manis. Bagaimana tidak? Pria pemilik toko online Indahfashion26 itu mampu menjual hingga 450 pesanan dalam satu hari. Padahal, bisnis reseller pakaian yang sebelumnya dia geluti, menemui jalan buntu akibat tidak kunjung mendapatkan keuntungan.

Lika-liku berbisnis merupakan hal yang wajar dihadapi dalam merintis usaha, tidak terkecuali bagi para pelaku UMKM. Wendi, pemuda asal Bandung, tahu betul bagaimana kesulitan yang dihadapi saat jatuh bangun mengembangkan usaha miliknya. Apalagi kondisi pandemi Covid-19 yang menambah beban pengeluaran dengan pemasukan terbilang minim.

“Awalnya saya dulu supplier ke toko-toko. Karena persaingan harga, ya nggak dapet untung, untung kita kecil banget. Waktu itu karena ekonomi, kita kesulitan menjual barangnya, penjualannya kurang, lalu kepikiran kenapa saya nggak jual sendiri aja”, ujar Wendi saat bercerita awal mula merintis bisnisnya.
 

Wendi dan karyawan di pabrik miliknya

Wendi dan karyawan di pabrik miliknya (Sumber gambar: Shopee)

Bermodalkan nekat dan uang sebesar satu juta rupiah hasil menggadai perhiasan istri, Wendi pun memutuskan untuk memproduksi baju rajutannya sendiri dan memanfaatkan e-commerce sebagai lapak berjualan.

Pada 2019, Indahfashion26 pun mulai beroperasi dan berjualan secara online dengan produk andalan berupa cardigan dan sweater untuk wanita. Awal bergabung dengan e-commerce, Wendi mengaku tidak mengerti dan memahami seluk beluk dunia bisnis digital khususnya online marketplace.

“Saya enggak tahu itu ya marketplace online, saya hanya belajar aja dari aplikasi secara otodidak,” ungkapnya.

(Baca juga: Cek 3 Strategi Jitu Bikin Konten Bisnis di Bulan Ramadan)

Meski begitu, Wendi terus belajar untuk mengasah kemampuan bisnis digitalnya agar bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Dia mulai mempelajari berbagai fitur yang tersedia di platform e-commerce, salah satunya adalah memaksimalkan fitur iklan yang membuat performa tokonya lebih maksimal.

Perlahan tapi pasti, hal itu pun berdampak signifikan pada bisnis miliknya. Terbukti, saat ini, Indahfashion26 sudah memiliki lebih dari 52.000 pengikut aktif di e-commerce. Lebih dari itu, Wendi mengaku bahwa omzet penjualannya bahkan melesat naik hingga 60%.

Selain itu, bisnis yang dia rintisi dalam kurun waktu dua tahun ini juga membawa berkah bagi orang-orang di sekitar Wendi. Hingga awal tahun 2022, Wendi berhasil memberdayakan 42 orang di lingkungan sekitarnya yang bergabung menjadi karyawan. 

Ke depan, Wendi berencana untuk meningkatkan kualitas produknya dengan menggunakan kain rajutnya yang lebih kuat dengan jahitan yang lebih kokoh. Selain itu, dia juga bertekad akan terus menerapkan metode yang efektif dan efisien dalam berjualan online, agar performa tokonya meningkat dan bisnisnya dapat berkembang lebih pesat.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

98 Persen Pekerja Indonesia Akui Butuh Peningkatan Kapasitas di Bidang Digital

BERIKUTNYA

Han So-hee Sebut Cerita Drama Soundtrack #1 Mirip dengan Kisah Masa Lalunya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: