Ilustrasi paket belanja daring. (Sumber gambar: Markus Spiske dari Unsplash)

Perhatikan 4 Hal Ini setelah Terima Paket Pesanan Online

15 March 2022   |   10:07 WIB

Belanja daring di berbagai platform e-commerce atau toko daring kini menjadi hal yang lebih sering dilakukan dibandingkan sebelumnya. Hal ini terjadi mulai pada saat pandemi dan tren ini diperkirakan akan terus meningkat, sehingga Genhype sebagai konsumen perlu lebih cermat saat bertransaksi. 

Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah ketika menerima pesanan daring setelah berbelanja. Bertepatan dengan Hari Hak Konsumen Sedunia yang jatuh pada tanggal 15 Maret, Hypeabis.id punya 4 cara yang harus diperhatikan setelah menerima paket belanja daring.
 

1. Periksa barang pesanan yang sudah datang

Jangan salah, pemeriksaan barang setelah menerima pesanan adalah hal utama yang harus dilakukan. Hal ini bisa dilakukan dengan memeriksa alamat tujuan, nama produk yang diterima dari label pengemasan, hingga mengecek produk yang ada di dalamnya. 

Jangan lupa untuk merekam dan mengambil foto pembukaan paket, siapa tahu ini bisa berguna saat menulis testimoni produk atau ketika akan mengajukan komplain kepada penjual atau toko jika ada kendala pada pesanan yang diterima.
 

2. Pastikan batas waktu komplain

Ketika Genhype sudah menerima barang tapi ada kendala atau masalah pada penerimaan, Genhype bisa mengecek ketentuan pengajuan komplain dan batas waktu sejak penerimaan pesanan. Kalau bisa, pengajuan komplain dilakukan sesegera mungkin setelah menyadari adanya masalah pada barang sehingga toko dan tim penanganan konsumen pada layanan e-commerce bisa menindaknya.
 

3. Cek ongkos kirim akhir

Meski hal ini bisa saja luput dari perhatian Genhype, tidak ada salahnya untuk memerhatikan ongkos kirim akhir setelah barang diterima. Ini bisa jadi hal yang mulai diperhatikan ketika ada kendala pengiriman barang yang tidak sesuai, sehingga pengembalian ongkos kirim bisa dilakukan kepada penjual.

Pastikan Genhype punya bukti awal saat memesan barang atau check out dan bukti foto yang menunjukkan ketidaksesuaian biaya pengiriman.
 

4. Beri ulasan produk

Ulasan ternyata memiliki peran penting dalam membantu penjual dan pembeli lain. Dari sisi penjual, ulasan bisa membantu meningkatkan reputasi toko, mengevaluasi kinerja toko, hingga menjadi sarana pengembangan toko. Sementara itu, ulasan bagi calon pembeli bisa membantu mereka untuk mencari toko yang sesuai dengan kebutuhan serta mengetahui kinerja penjual.

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Jimin BTS Akan Isi Soundtrack Orisinal Drama Our Blues

BERIKUTNYA

3 Alasan Wajib Menonton Film Turning Red di Disney+

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: