AirPods Apple (Unsplash/Daniel Romero)

Fitur Baru Apple Bisa Lacak AirPods Hilang, Gini Cara Pakainya!

06 October 2021   |   16:57 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Dalam ajang Worldwide Developer Conference (WWDC) tahunannya yang digelar pada Juni lalu, raksasa teknologi Apple mengumumkan fitur khusus yang bisa memudahkan pengguna menemukan AirPods yang hilang. Fitur tersebut datang bersamaan dengan perilisan sistem operasi seluler terbarunya iOS 15.

Adapun, laporan 9to5Mac menyebut kini perusahaan telah menghadirkan pembaruan firmware untuk AirPods dan AirPods Pro terkait fitur tersebut.
 

Bagaimana fitur tersebut akan bekerja?

Dilansir dari Gadgets Now, kini Apple telah memiliki jaringan perangkat pada fitur Find My yang luas termasuk perangkat internet of things (IoT) seperti AirPods. Cara kerjanya, perangkat audio nirkabel itu akan mengirim pesan suar bluetooth terus menerus.

Jadi, ketika perangakat tersebut hilang dan pengguna berada di area perkiraan hilangnya, mereka akan dapat mendeteksi sinyal dari AidPods dan menampilkannya di jaringan fitur Find My.

Pengguna akan mendapat gambaran tentang lokasi perangkat yang hilang. Mereka juga bisa mendapatkan indikator visual dari perkiraan lokasi hilangnya AirPods pengguna.

 

Cara mendapat pembaruan firmware di AirPods

Melakukan pembaruan pada perangkat AirPods tidak memerlukan cara tertentu yang mengharuskan pengguna menyalakan iPhone dan melakukan pengaturan secara manual.

Pengguna tinggal menyimpan AirPods ke dalam casing di sebelah iPhone dan menunggu pembaruan firmware yang akan berjalan secara otomatis. Umumnya proses ini hanya berlangsung dalam waktu singkat.
 

Apakah fiturnya sama dengan AirTags?

Jawabannya adalah tidak. AirTags - produk pelacak Apple - memiliki cip U1 di dalamnya yang memberi mereka fitur panah arah, yang dapat mengarahkan pengguna ke lokasi perangkat secara presisi.

Sementara itu, AirPods tidak memiliki cip UI sehingga memiliki antarmuka yang berbeda. Laporan menyebut, tampilan Finy My AirPods berwarna biru dan AirTags berwarna hijau. Fitur baru juga hanya memberi gambaran visual perangkat secara luas.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Yura Yunita Bocorkan Sampul Album Ketiga Bertajuk Tutur Batin

BERIKUTNYA

Turunkan Berat Badan Sambil Berbagi, Kenapa Tidak?

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: