ilustrasi (sumber gambar: freestocks.org dari Pexels)

Bersaing dengan Steven Spielberg, Sutradara The Power of the Dog Menang DGA Awards

13 March 2022   |   17:14 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Jane Campion berhasil memenangkan penghargaan 74th Director Guild of America (DGA) Awards untuk Outstanding Directorial Achievement in Theatrical Feature Film. Dia berhasil memenangkan penghargaan tersebut bersama dengan film The Power of the Dog.

Dilansir dari laman Director Guild of America Award, masuknya Jane menjadi nominasi dalam DGA Award merupakan yang kedua. Sebelumnya, sang sutradara pernah masuk kategori yang sama pada 1993 silam dengan film The Piano.

Sang sutradara mengalahkan beberapa sutradara lainnya di kategori ini seperti Paul Thomas Anderson dengan film Licorice Pizza, Kenneth Branagh dengan film Belfast, Steven Spielberg dengan West Side Story, dan Denis Villeneuve dengan film Dune.

Dilansir dari Britannica.com, sang sutradara merupakan kelahiran 30 April 1954 di Wellington, Selandia Baru. Film-film yang kerap disutradarainya sering memiliki fokus pada wanita yang berada di luar masyarakat.

Sang sutradara diketahui terlibat dalam dunia film setelah mendaftar di sekolah Film, Televisi, dan Radio Australia. Selama dan sesudahnya, dia disebutkan membuat beberapa film yang cukup populer.

Theatrical feature pertama, yakni Sweetie (1989), meraih penghargaan di Cannes film festival. Kemudian diikuti dengan kesuksesan An Angel at My Table (1990), yang dibuat berdasarkan otobiografi oleh Janet Frame.

Dilansir dari Hollywood Reporter, film The Power of Dog adalah film sang sutradara setelah feature terakhir dalam 12 tahun terakhir. Film ini disebutkan sebuah karya yang sangat idiosinkratik, tidak dapat diprediksi, dan hidup dengan kompleksitas psikologis seperti apapun.

Film adaptasi dari novel Thomas Savage pada 1967 ini disebut sangat memukau bagi sutradara yang sebagian besar fokus pada investigasi forensik jiwa wanita.

Melalui film ini, para penonton dapat melihat bagaimana sang sutradara melakukan pergeseran tematik yang meyakinkan ke maskulinitas korosif dan seksualitas yang ditekan.

Campion disebutkan selalu menjadi pembuat film visual yang ekspresif, mendapatkan hasil maksimal dari kolaborasi dengan sejumlah sinematografer berbakat.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Begini Skenario Operasional Bandara Selama Ajang MotoGP Mandalika

BERIKUTNYA

Batik Nitik Yogyakarta Tarik Antusiasme Pengunjung Dubai Expo

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: