Ilustrasi (Sumber foto: Mishaal Zahed/Unsplash)

Pebisnis Kuliner Berlomba Hadirkan Menu Frozen Food di Masa Pandemi

08 March 2022   |   14:08 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Selama masa pandemi, banyak masyarakat yang menghabiskan waktu di rumah saja. Dalam kondisi ini biasanya mereka lebih senang memasak sendiri di rumah tetapi ingin yang simple dan ngga ribet. Salah satu jenis makanan yang paling mudah diolah adalah frozen food.

Tidak heran bila akhirnya banyak pelaku usaha yang berlomba-lomba menangkap peluang tersebut dengan menghadirkan produk olahan makanan beku atau frozen food. Seperti yang dilakukan oleh Lucky Andreono, pemenang Masterchef Indonesia Season 1.

Lucky memulai bisnisnya pada masa pandemi dengan membuat olahan smoked chicken, ayam asap yang dibekukan.

“Sejauh ini bisnis saya aman-aman saja  dan pertumbuhannya bagus sekali karena jualannya dalam bentuk frozen. Jadi smoked chicken yang saya buat di vakum kemudian dimasukkan ke dalam freezer dan di-frozen,” ujarnya.

Bisnis ini sendiri bermula sejak 4 bulan lalu ketika ada salah seorang temannya yang mencari pemasok baru untuk menu smoked chicken di restorannya karena harga di tingkat pemasok yang terus meningkat.

Dari situ lalu dia pun mulai menjual paket smoked chicken hasil kreasinya tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan temannya tersebut tetapi juga untuk dipasarkan secara luas dengan memanfaatkan  penjualan secara online, membuka outlet, dan menjalin kerjasama dengan bisnis F&B lainnya.

“Ke depan saya akan mengeluarkan inovasi menu-menu lainnya seperti abon dan smoked fish,” kata Lucky.

Sementara itu,  Nilam Sari, Founder Kebab Baba Rafi Indonesia mengakui selama masa pandemi ini banyak tantangan yang dihadapi oleh pelaku usaha, untuk itulah pihaknya harus mampu adaptif dalam kondisi ini.

Adapun bentuk inovasinya dengan menghadirkan menu makanan beku mengingat banyaknya masyarakat yang menghabiskan waktu di rumah dan memilih untuk menyetok makanan beku sehingga lebih praktis dan tahan lama.

“Apalagi saat ini sudah banyak marketplace maupun platform pesan antar yang mengakomodir penjualan frozen food sehingga produk tersebut bisa sampai di tangan konsumen kurang dari 24 jam,” kata Nilam.


Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Hari Perempuan Internasional, Google Ajak Perempuan Indonesia Buka Suara

BERIKUTNYA

Resep Sambal Goreng yang Mudah Dibuat

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: