Alih-alih membawa kenyamanan dan kesenangan dalam hidup, teman yang toxic justru membuat kamu menjadi stres dan frustasi- Liza Summer (Pexels)

Awas, Ini 7 Tanda Kamu Terjebak Teman yang Toxic

07 June 2021   |   19:23 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Genhype, memiliki banyak teman memang bisa menjadi keuntungan tersendiri. Melalui teman-teman, biasanya kita bisa mendapatkan berbagai informasi dan koneksi soal pekerjaan, keuangan, peluang usaha, kesehatan dan banyak lagi.

Namun, sama halnya seperti hubungan pasangan, sebuah pertemanan juga bisa menjadi beracun jika kita menemukan teman yang toxic.

Alih-alih membawa kenyamanan dan kesenangan dalam hidup, teman yang toxic justru membuat kamu menjadi stres dan frustasi.

Sebenarnya, ada beberapa tanda yang perlu disadari bahwa seorang teman itu beracun dan tidak baik untuk kamu dekati. Terapis Perpetua Neo memberikan 7 tanda tersebut. Simak yuk!
 

Ilustrasi hubungan pertemanan/freepik

Ilustrasi hubungan pertemanan/freepik



1. Banyak drama
Salah satu hal yang menjamin teman kamu toxic adalah banyak drama. Hal tersebut bisa datang karena hal yang kecil sampai besar dan mereka senang memperdebatkan suatu hal yang menimbulkan masalah. Biasanya mereka tidak segan untuk memaksa kamu mendengarkan semua cerita mereka bahkan menyeret kamu ke dalam masalah tersebut.

2. Semua tentang dia
Seorang teman yang toxic tidak akan pernah benar-benar mendengarkanmu. Mereka akan selalu menunggu giliran untuk berbicara atau mengalihkan pembicaraan kembali pada mereka. 

3. Terus-menerus menjatuhkanmu
Teman yang toxic tidak akan pernah memuji kamu. Mereka tidak akan pernah inisiatif atau memberi selamat atas pencapaian kamu dan lebih cenderung menjatuhkanmu. Mereka juga akan membuat kamu merasa tidak nyaman dengan diri sendiri.

4. Mereka bersaing denganmu
Teman beracun biasanya akan bersaing dengan kamu baik dalam hal promosi pekerjaan, pasangan, dan hal-hal lainnya. Mereka tidak akan suka dengan sesuatu hal yang tidak melibatkan mereka. Lebih dari itu, mereka juga biasanya tidak ingin kamu lebih unggul dalam sesuatu.

5. Diam-diam menirumu
Mereka juga biasanya akan mulai meniru kamu. Misalnya membeli barang yang sama dengan yang kamu beli atau meniru gaya bicaramu sehari-hari dalam lingkungan pergaulan. Tidak jarang juga mereka sangat iri padamu, menjatuhkanmu, dan bahkan bisa saja mencuri identitasmu. 

6. Melewati batasmu
Pada level tertentu, mereka tidak akan mendengarkan jika kamu memberi tahu sesuatu yang membuat kamu tidak nyaman. Sebaliknya, mereka akan membuat kamu merasa jahat atau gila bahkan karena mengungkitnya. Mereka tidak menghargai ruang kamu dan membuat kamu merasa meninggalkan mereka jika kamu menolak.

7. Sering mengganggu
Teman beracun juga biasanya akan menjelma seperti seorang pasangan yang posesif. Mereka akan menelepon dan mengirimi kamu pesan sepanjang hari bahkan sekalipun ketika kamu bilang sedang sibuk. Bahkan, bisa saja ketika kamu tidak meresponsnya, mereka akan menimbulkan masalah.

Editor: M R Purboyo

SEBELUMNYA

Wow, Prefektur Fukushima Siap-siap Menjadi Kota Hidrogen, Tanpa Karbon

BERIKUTNYA

Festival Film Cannes akan Tayangkan Film Pendek Bertema Pandemi Karya Anthony Chen

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: