ilustrasi (sumber gambar: Guillaume Meurice dari Pexels)

Ini Ide Oleh-oleh yang Bisa Dibawa Pulang Saat Berwisata ke Bali

27 February 2022   |   20:00 WIB

Indonesia adalah negara yang sangat kaya dengan produk kerajinan tangan. Hampir seluruh destinasi wisata di Tanah Air memiliki kekhasan kerajinan tangannya masing-masing yang bisa membawa kesan tersendiri untuk dijadikan buah tangan pada saat pulang. Salah satunya adalah kerajinan tangan Bali.

Dilansir dari Indonesia Travel, ada banyak kerajinan tangan yang bisa Genhype bawa pulang sebagai oleh-oleh ketika berwisata ke daerah yang kerap disapa Pulau Dewata ini. Kerajinan-kerajinan tersebut sangat beragam.

Berikut kerajinan tangan yang bisa dibawa pulang oleh Genhype.

1. Karya Pahatan dan Lukisan

Karya pahatan atau ukiran dan lukisan di Bali sangat beragam antara satu daerah dengan daerah lainnya. Di tempat ini setiap desa memiliki karakteristik seni yang berbeda-beda lho Gehype.

Tidak hanya itu, karya seni di Bali juga sering menunjukkan cerita-cerita dalam setiap karyanya. Kemudian, ukiran atau pahatan di tempat ini sebagian besar terbuat dari kayu dan batu dengan berbagai macam bentuk seperti kuda, penari, wajah, dan sebagainya.

Begitu juga dengan seni lukis. Di tempat ini terdapat galeri-galeri yang menampilkan karya-karya seni modern selain karya seni yang bercerita tentang religi atau legenda.

2. Perhiasan perak

Berbeda dengan daerah lainnya, perak khas bali memiliki detail yang lebih rumit serta warna putih dengan sedikit menggunakan perak hitam yang dibakar. Di tempat ini, perhiasan perak yang dapat dibawa pulan sebagai oleh-oleh seperti kalung, cincin, gelang, dan sebagainya.

3. Kain Tradisional

Salah satu kerajinan yang terkenal di Indonesia adalah wastra atau kain tradisional, dan di Bali juga terdapat kain tradisional yang dapat dibawa pulang untuk oleh-oleh. Namanya adalah Sarung Bali, kain celup yang sering dipakai oleh banyak wisatawan.

Selain itu ada juga kain tenun ikat ganda, kain tenun ini biasanya dikerjakan selama 1 tahun oleh wanita untuk menyelesaikannya lho Gehype. Lamanya waktu pengerjaan lantaran perlu ketelitian dan kerumitan yang dibutuhkan.

4. Produk Spa Herbal

Oleh – oleh dari kerajinan tangan lainnya yang dapat Genhype bawa pulang adalah produk spa herbal. Di Bali, Genhyep dapat menemui seperti essential oils dari bunga Lavender yang dapat digunakan sebagai penenang atau bunga Kamboja untuk meredakan sakit kepala.

5. Kerajinan Rotan dan Anyaman

Di Bali, praktik menganyam sudah menjadi kebiasaan bagi masyarakat di sini. Salah satunya adalah  kerajinan anyaman dari rotan, baik dalam bentuk topi, tas, keranjang, sandal, dan barang-barang lainnya yang dapat menghiasai ruangan rumah kita.



Editor: Roni Yunianto
 
SEBELUMNYA

Kesintasan Pasien Kanker Rendah, Deteksi Dini & Pengobatan Perlu Dipacu

BERIKUTNYA

Menelusuri Jejak Kejayaan Dinasti Ming & Dinasti Qing di Yangzhou, China

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: