Ilustrasi (Dok. Photo by Trang Doan from Pexels)

Sehat dan Menyegarkan, Simak Fakta Menarik Buah-Buahan Ini

26 February 2022   |   17:08 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

4. Stroberi
 

Ilustrasi (Photo by Karolina Grabowska from Pexels)

Ilustrasi (Photo by Karolina Grabowska from Pexels)

Stroberi adalah satu-satunya buah yang bijinya berada di bagian luar. Rata-rata, setiap stroberi memiliki 200 biji. Maka dari itu, stroberi tidak dianggap sebagai kategori beri, seperti blueberry atau anggur. Secara teknis, biji buah beri berada di dalam. Adapun, setiap biji pada stroberi dianggap oleh ahli botani sebagai buahnya sendiri yang terpisah.

Stroberi dipercaya dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker tertentu. Mereka rendah kalori dan tinggi vitamin C, B6, K, serat, asam folat, kalium dan asam amino. Stroberi juga mengandung nitrat tingkat tinggi yang telah terbukti meningkatkan aliran darah dan oksigen ke otot. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi stroberi sebelum berolahraga memiliki daya tahan yang lebih tinggi dan membakar lebih banyak kalori.

5. Pisang
 

Ilustrasi (Photo by alleksana from Pexels)

Ilustrasi (Photo by alleksana from Pexels)

Ada lebih dari 1.000 jenis pisang di seluruh dunia, yang dibagi dalam 50 kelompok. Pisang Cavendish adalah pisang manis yang paling umum dikonsumsi dan paling banyak diekspor di seluruh dunia.

Pisang adalah sumber serat, potasium, vitamin B6, vitamin C, dan berbagai antioksidan dan fitonutrien yang sehat. Minyak di dalam kulit pisang ternyata bisa membantu meredakan peradangan dan gatal-gatal akibat gigitan serangga.

6. Bluberi
 

Ilustrasi (Photo by Brigitte Tohm from Pexels)

Ilustrasi (Photo by Brigitte Tohm from Pexels)

Bluberi adalah satu-satunya makanan yang benar-benar berwarna biru alami. Pigmen yang memberi bluberi warna khasnya — disebut anthocyanin — adalah senyawa yang sama yang memberikan manfaat kesehatan yang luar biasa dari buah ini. Bluberi menempati peringkat nomor satu dalam manfaat kesehatan antioksidan dibandingkan dengan lebih dari 40 buah dan sayuran segar.
 
Konsumsi bluberi telah dikaitkan dengan manfaat kesehatan termasuk penurunan risiko kanker, peningkatan respons insulin, pembalikan kehilangan memori terkait usia, dan menurunkan tekanan darah. Satu genggam besar bluberi hanya mengandung 44 kalori tetapi memiliki 2 gram serat makanan dan 10 persen dari kandungan vitamin C yang direkomendasikan setiap hari.

7. Leci
 

Ilustrasi (Photo by Héctor de la Torre from Pexels)

Ilustrasi (Photo by Héctor de la Torre from Pexels)

Di China, leci dianggap sebagai simbol cinta dan asmara. Kisah ini berawal dari Kaisar Tang Minghuang dari Dinasti Tang jatuh cinta pada Yang Guifei, salah satu wanita tercantik dalam sejarah China. 

Buah favorit Yang adalah leci. Saat itu buah ini belum ada di ibu kota tempat tinggal mereka. Kaisar pun mengirim anak buahnya ke China Selatan untuk membawakan buah itu kepada nyonyanya yang tercinta. Leci dengan demikian menjadi simbol cinta kaisar untuk Yang.

Dalam pengobatan China, buah ini terkadang digunakan untuk mengobati sakit perut, batuk, neuralgia, dan pembengkakan kelenjar. Teh yang terbuat dari kulit buahnya membantu meringankan diare dan juga dikatakan dapat menyembuhkan ruam kulit.

Karena buah ini kaya akan vitamin C, konsumsi leci secara teratur membantu memastikan suplai darah yang cukup ke folikel rambut, meningkatkan kekuatan rambut dan mencegah kerusakan dan ujung bercabang.

Editor: M R Purboyo
 
1
2


SEBELUMNYA

Rival Menangkan Penghargaan Creator of the Year TikTok Awards Indonesia 2021

BERIKUTNYA

Aman Berinternet dengan Windows Defender

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: