Ilustrasi (Sumber gambar: Cottonbro/Pexels)

Mau Pakai Mesin Pencuci Piring? Cek Ini Dulu

25 February 2022   |   12:48 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Mencuci piring adalah kegiatan yang sering dilakukan oleh individu saat berada di rumah lantaran penggunaan piring atau gelas cukup sering dan cukup memakan waktu. Solusinya, penggunaan teknologi atau mesin pencuci piring dinilai bisa menjadi jalan keluar daripada mencuci dengan tangan.

Pratiwi Lestari, Marketing Executive Bosch Home Appliances Indonesia, menuturkan penggunaan dishwasher atau mesin pencuci piring dapat membantu mengurangi beban pekerjaan rumah tangga sehingga waktu yang dimiliki bisa untuk aktivitas lain.

Tidak hanya mengurangi beban pekerjaan rumah tangga, ada banyak alasan rumah tangga dapat memiliki mesin pencuci piring, berikut 6 alasan tersebut.
 

Hemat nyaris 38 liter

Mencuci piring dengan tangan disebut membutuhkan sekitar 40 liter air. Sementara menggunakan mesin pencuci piring bisa menghemat hingga 33,5 liter air per siklus bilas. Jadi, jika 1 tempat minum berukuran 19 liter, mencuci dengan mesin pencuci piring bisa menghemat nyaris 2 tempat minum tersebut.
 

Hemat listrik

Saat ini di masyarakat terdapat anggapan bahwa menggunakan mesin pencuci piring boros penggunaan listrik. Padahal, mesin pencuci piring pada umumnya dirancang hemat penggunaan energi.
 

Hemat waktu

Saat menggunakan mesin pencuci piring, individu hanya membutuhkan waktu 15 menit untuk memasukkan atau mengeluarkan peralatan makan kotor ke atau dari mesin. Sementara dengan jumlah piring kotor yang sama, total waktu yang diperlukan oleh individu mencapai sekitar 60 menit jika mencuci tanpa mesin pencuci piring.
 

Bebas residu kimia

Bakteri E. Coli dan Salmonella adalah jenis bakteri yang kadang menyarang di spons cuci piring bekas pakai. Bakteri-bakteri tersebut disebut dalam rilis memicu keracunan jika sampai terbawa masuk ke dalam tubuh. Sementara saat menggunakan mesin pencuci piring, yang dapat menggunakan air panas, kuman-kuman atau bakteri dapat mati terkena air panas.
 

Noda tak bandel lagi

Mesin pencuci piring dengan pancaran air bertekanan tinggi dapat membersihkan seluruh permukaan alat makan, termasuk sudut-sudut dan celah-celah yang sulit terjangkau ketika mencuci piring dengan metode cuci piring manual.
 

Momen berharga makin luar biasa

Dengan menggunakan mesin pencuci piring, kalian bisa lebih fokus menikmati momen berkumpul bersama orang-orang terdekat, dan menjadikan kesempatan berkumpul menjadi makin istimewa karena waktu yang biasanya digunakan untuk mencuci piring dapat diambil alih oleh mesin pencuci piring.


Editor: Gita
 

SEBELUMNYA

Laju Pesat Digitalisasi & Potensi Besar Industri Data Center Dalam Negeri

BERIKUTNYA

Melihat Pameran Para Sekutu Yang Tidak Bisa Berkata Tidak hingga 13 Maret 2022

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: