Ilustrasi iPhone (Sumber gambar: Unsplash/Arnel Hasanovic)

4 Penyebab iPhone Cepat Panas dan Cara Mendinginkannya

23 February 2022   |   14:37 WIB
Image
Dika Irawan Asisten Konten Manajer Hypeabis.id

Salah satu persoalan yang kerap dihadapi oleh pengguna iPhone adalah ponsel ini mudah panas. Situasi ini pun tak jarang mengganggu kenyamanan para pengguna. Di samping itu, suhu berlebih pada iPhone juga bisa menurunkan performanya. Bahkan, jika tak segera diatasi, panas berlebih dapat memicu kerusakan permanen pada gawai ini. 

Seperti kata peribahasa bahwa mencegah lebih baik dibandingkan dengan mengobati, maka ada baiknya kalian sebagai pengguna Iphone melakukan beberapa cara untuk mengantisipasi persoalan tersebut. Nah, kali ini Hypeabis sudah merangkum berbagai informasi yang berguna untuk mendinginkan kembali iPhone kalian. 

 

Penyebab iPhone Panas

Sebelum beranjak lebih jauh, kalian mesti mengetahui berbagai penyebab mengapa gawai ini cepat panas. Hal ini penting agar kalian dapat segera menangani persoalan secara tepat, serta tidak mengulangi kesalahan yang sama. Dari beberapa penyebab iPhone panas, kebiasaan pengguna menjadi salah satu penyebabnya.

Berikut beberapa penyebab iPhone kalian cepat panas: 
 

1. Baterai Rusak

Sadar atau tidak, rupanya satu dari beberapa penyebab iPhone kalian cepat panas adalah baterai yang rusak. Baterai yang rusak cenderung menghasilkan output tak beraturan, sehingga berujung pada naiknya suhu perangkat.
 

2. Streaming

Melalui ponsel, sekarang kita dapat menyaksikan beragam tayangan menarik seperti film dan pertandingan olahraga. Bahkan bermain game. Namun, aktivitas streaming ini tak jarang berkontribusi pada naiknya suhu iPhone. Hal ini karena layar ponsel terus menyala sehingga banyak energi yang tersedot. 
 

3. Paparan Sinar Matahari

Penyebab lain iPhone cepat panas adalah sinar matahari. Kalian mesti menghindari meletakkan iPhone pada tempat yang mendapat paparan sinar matahari secara langsung. Sebab paparan sinar matahari secara langsung ini bakal membuat iPhone kalian cepat panas. 
 

4. Banyak Aplikasi Berjalan

Kalian awalnya mungkin sekadar penasaran dengan sebuah aplikasi, lalu menginstalnya di iPhone. Setelah itu membiarkannya, kemudian mengulangi hal yang sama, sehingga banyak aplikasi terinstal di ponsel kalian. Aplikasi-aplikasi ini umumnya berjalan kendati tidak digunakan, dan membuat iPhone kalian cepat panas. 

 

Dampak iPhone Panas

Menurut informasi dari laman resmi apple.com, iPhone yang terlalu panas bakal berdampak pada performa gawai ini. Kalian kemungkinan akan mendapati hal-hal berikut:
 
  1. Pengisian daya, tak terkecuali pengisian daya secara nirkabel akan berjalan lamban atau mendadak berhenti. 

  2. Lambat laun tampilan ponsel meredup bahkan cenderung gelap. 

  3. Sinyal bisa melemah dalam kondisi ini, sehingga berdampak pada kinerja rendah untuk radio seluler yang rendah. 

  4. Indikasi lainnya adalah lampu kilat nonaktif untuk sementara waktu. 

  5. Performa iPhone bakal menurun ketika kalian menjalankan aplikasi atau fitur yang membutuhkan banyak grafis. 

 

Cara Mendinginkan iPhone

Sejatinya perangkat iOS dan iPadOS mempunyai proteksi internal untuk mengantisipasi panas berlebih. Apabila suhu bagian dalam ponsel melampaui rentang pengoperasian normal, maka perangkat iPhone akan memproteksi komponen internalnya dengan menormalkan suhu. 

Sementara itu, ada beberapa langkah yang bisa diantisipasi bila suhu iPhone melonjak.
 
  1. Hindari meletakkan atau meninggalkan iPhone kalian di dalam mobil saat cuaca panas.

  2. Jangan menaruh perangkat pada tempat di mana sinar matahari menyorot langsung dalam waktu lama. 

  3. Beberapa fitur mesti dinonaktifkan ketika ponsel kalian terpapar sinar matahari seperti GPS, aplikasi game, atau aplikasi realitas tertambah. 

  4. Jangan charge iPhone kalian jika sedang panas, hal ini hanya akan membuat perangkat semakin memanas.

  5. Dinginkan dengan menggunakan kipas angin jika iPhone kalian panas. Pendinginan dengan cara ini disarankan karena membuat suhu ponsel turun secara bertahap. Sebab penurunan suhu secara signifikan hanya akan memperpendek umur ponsel. 

  6. Uninstal aplikasi tidak penting yang membuat baterai cepat boros. Kalian bisa mengeceknya pada bagian pengaturan aplikasi apa saja yang berkontribusi pada pemborosan. 



Editor: Gita

SEBELUMNYA

Siapa yang Akan Gantikan Tugas Ratu Elizabeth Saat Sakit?

BERIKUTNYA

Ulang Tahun, Kevin THE BOYZ Kejutkan Penggemar dengan Lagu Produksi Sendiri

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: