Ilustrasi (Dok. Joshua Hoehne/Unsplash)

7 Tips Memasak Tanpa Minyak Goreng

21 February 2022   |   11:36 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Harga minyak goreng tengah melonjak. Padahal, minyak goreng banyak digunakan dalam berbagai olahan masakan. Bahkan, beberapa masakan menggunakan metode deep frying yang menggunakan banyak minyak seperti gorengan.

Meski demikian, patut diingat bahwa makanan yang digoreng mengandung lemak dan kolesterol dalam jumlah yang sangat tinggi. Mengutip Hello Sehat, mengonsumsi secara rutin atau berlebih makanan  yang digoreng membuat risiko lebih besar untuk mengalami berbagai masalah kesehatan seperti obesitas, stroke, penyakit jantung koroner dan diabetes.

Untuk menyiasatinya, kamu bisa mencoba beberapa metode memasak lain dengan sedikit minyak atau bahkan tanpa minyak. Tanpa disadari sebenarnya banyak metode memasak yang bisa menghasilkan berbagai kreasi masakan yang lezat selain menggoreng. Berikut tips memasak tanpa minyak goreng yang bisa kamu coba.
 

1. Pakai peralatan anti lengket

Menurut Forks Over Knives, akan sangat mudah memasak tanpa minyak menggunakan panci atau wajan anti lengket. Selain teflon, kamu juga bisa menggunakan panci stainless steel berkualitas baik dengan alas tebal. Jika tidak, panci berbahan besi cor berlapis enamel atau titanium keramik juga merupakan pilihan yang baik.

Kamu juga bisa menggunakan oven anti lengket atau silikon agar mudah melepaskan makanan yang dipanggang tanpa minyak. Pada oven biasa, kamu bisa menyiasatinya dengan menggunakan kertas roti saat memanggang agar tidak lengket.
 

2. Menumis

Alternatif dari menggoreng yang paling umum adalah dengan menumis. Biasanya, dalam menumis masih membutuhkan sedikit minyak, mentega atau margarin. Namun, kamu juga bisa menumis menggunakan sedikit air atau kaldu untuk menumis bahan makanan tanpa merebusnya terlebih dahulu. Jangan lupa untuk mengaduknya secara berkala agar masakan tidak gosong.
 

Ilustrasi mengukus (Dok. Thom Milkovic/Unsplash)

Ilustrasi mengukus (Dok. Thom Milkovic/Unsplash)

3. Memanggang

Untuk memanggang tanpa menambahkan minyak, cukup lapisi loyang dengan kertas roti agar tidak lengket. Jenis kertas seperti perkamen dapat mentolerir suhu hingga 425 derajat Celcius. Sebagai catatan, letakkan kertas tidak terlalu dekat dengan lokasi pembakar suhu tinggi. 

4. Mengukus

Mengutip Ornish Lifestyle Medicine, mengukus adalah cara dasar dan sederhana untuk memasak tanpa menambahkan lemak, dengan tetap mempertahankan nutrisi penting, warna dan rasa sebuah makanan. Kamu bisa menggunakan steamer listrik atau steamer basket di dalam panci dengan sedikit air di atas api sedang. Didihkan air cukup lama untuk memasak dan mengukus makanan tergantung pada resep atau tekstur yang diinginkan.

(Baca juga: Mudah Dibuat, Ini Resep 3 Camilan Renyah dari Tepung Terigu)
 

Ilustrasi memanggang (Dok. Jonathan Cooper/Unsplash)

Ilustrasi memanggang (Dok. Jonathan Cooper/Unsplash)

1
2


SEBELUMNYA

Mana yang Lebih Aman, Linux, Windows atau MacOS?

BERIKUTNYA

Lakukan Ini Agar Lebih Percaya Diri saat Perkenalan Wawancara Kerja

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: