Sabtu Belanja Lokal (dok. TikTok)

Dukung UMKM Naik Kelas, Ini Program dari TikTok

07 June 2021   |   14:44 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Bagi kalian para pelaku usaha mikro kecil dan menengah tentu sudah tidak asing lagi kan dengan media sosial TikTok? Pasalnya sekarang TikTok juga bisa menjadi salah satu platform yang dapat mendongkrak penjualan.

Pihak TikTok pun terus menyatakan dukungannya terhadap pertumbuhan para pelaku usaha dengan menyediakan berbagai fitur dan tools yang dapat dimanfaatkan oleh berbagai jenis kategori UMKM

Pandu Nitiseputro, Head of SMB, TikTok Indonesia mengatakan salah satu uapaya itu melalui program #MajuBarengTikTok, yang diselenggarakan pada 3-29 Juni 2021.  Inisiatif ini berupa rangkaian kelas online yang dapat diikuti oleh para pelaku bisnis di seluruh Indonesia.

“Topik yang diangkat pun beragam, termasuk kelas pemasaran digital, pembuatan konten kreatif, serta mengoptimalkan fitur-fitur yang ada di TikTok for Business dalam menjangkau konsumen,” ujarnya
Selain itu, TikTok juga membuat program Sabtu Belanja Lokal untuk mendukung Usaha Kecil dan Menengah (UKM) untuk dapat go digital.

Esme Lean, Head of Small and Medium Business, TikTok, Asia Tenggara mengatakan, dengan bergabung bersama program Sabtu Belanja Lokal, para UKM mendapatkan kesempatan yang unik, tidak hanya berpartisipasi dalam kampanye TikTok, tetapi juga meningkatkan jangkauan dan skala di dalam platform.
 
tiktok
Menurut Laporan TikTok SMB yang dilakukan pada bulan Januari 2021 oleh TikTok for Business, 1 dari 3 UKM di Indonesia lebih suka menggunakan TikTok sebagai platform beriklan mereka, TikTok dilihat memiliki kekuatan platform sebagai alat marketing untuk mencapai tujuan bisnis mereka.

Sejak diluncurkan Agustus tahun lalu, TikTok bersama solusi TikTok for Business telah mengedukasi lebih dari 30,000 pelaku UKM di seluruh Indonesia.

Dukungan TikTok untuk UMKM
  • TikTok Ads Manager. UKM dapat memanfaatkan TikTok Ads manager untuk menciptakan iklan kampanye secara mudah dengan biaya fleksibel, serta membantu bisnisnya untuk menjangkau audiens yang relevan.
  • Grow with TikTok - Starter Lab. Sebuah program training bulanan yang sudah berjalan di bulan Februari 2021, dimana lebih dari 6,600 UKM telah menerima pembelajaran secara langsung dari tokoh dan ahli di industri marketing serta tim ahli di TikTok dalam bagaimana memulainya di TikTok.
  • Small Business Resource Center. Diperkenalkan pada Maret 2021, Small Business Resource Center ini menghadirkan berbagai pengalaman terbaik di TikTok dan sumber informasi bagi UKM untuk belajar terkoneksi dengan audiens dan mendapatkan hasil yang diinginkan.
  • Lead Generation. Solusi pertama TikTok yang membantu UKM mencapai prosek bisnis untuk mengkonversikannya dalam konsumen potensial dengan mudah. Fitur ini juga tersedia untuk pebisnis dan pelaku UKM di Indonesia. Lead Generation memudahkan pebisnis segala ukuran, termasuk UKM, untuk menciptakan interaksi sehingga bisa meraih prospek bisnis, termasuk mendapatkan konsumen potensial.
  • Mendukung Pembayaran Lokal dalam TikTok Ads Manager. TikTok menjadi aplikasi pertama yang mendukung pembayaran dalam mata uang lokal melalui sistem integrasi dompet digital, seperti DANA di Indonesia.
  • Menyelenggarakan program pelatihan gratis #MajuBarengTikTok untuk mendukung perkembangan digitalisasi UKM dan IKM, berkolaborasi dengan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, serta Kementerian Perindustrian Republik Indonesia.
  • Sabtu Belanja Lokal merupakan bagian dari rangkaian program pemberdayaan UKM agar mereka dapat memanfaatkan TikTok sebagai platform untuk menunjukkan jati diri mereknya, serta menjangkau audiens baru.

Editor: M R Purboyo

SEBELUMNYA

Rayakan Ulang Tahun Debut, RM BTS Rilis Lagu Bicycle

BERIKUTNYA

Koleksi Clones SS22 Balenciaga Jadi Ajang Kolaborasi, Tampilkan Siluet ala Gucci

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: