Road to L'Etape Indonesia di Bali, November 2021. (Dok. L'Etape Indonesia)

1.308 Pesepeda Siap Berlomba di Ajang L'Etape Indonesia by Tour de France

20 February 2022   |   10:58 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Untuk pertama kalinya, L'Etape by Tour de France akan mampir ke Indonesia. Balapan L'Etape Indonesia by Tour de France dilaksanakan pada 20 Februari 2022 di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Lombok Tengah, dan  1.308 pesepeda bakal berpartisipasi pada ajang ini.

L'Etape adalah serangkaian balap sepeda amatir yang memberikan sensasi yang mirip dengan Tour de France Legend. Ini adalah satu-satunya acara di mana peserta dapat berlomba dan merasa seperti juara Tour de France, serta menikmati suasana dan semangat unik Tour de France.

Sepanjang  2022, akan diadakan 26 event L'Etape yang berlangsung di 21 negara di antaranya Ekuador, Meksiko, Amerika Serikat, Thailand, China, Malaysia, Filipina dan Brazil. Indonesia menjadi lokasi kick-off untuk rangkaian acara ini.
 

Direktur L'etape Indonesia by Tour de France Zacky Badarudin mengatakan, KEK Mandalika dipilih sebagai tempat penyelenggaraan L'Etape Indonesia karena lokasinya strategis, serta menawarkan pemandangan alam yang indah. Kawasan ini juga menjadi hot spot saat ini dengan perhelatan MotoGP yang akan datang di Sirkuit Mandalika Maret mendatang.

"Mandalika ini satu tempat yang punya semuanya. Sangat potensial untuk pelaksanaan sport tourism, karena memiliki bukit, pantai dan rute yang tidak kalah menantang sekaligus indah seperti di Prancis," katanya dalam konferensi pers, Jumat (19/2).
 

Kategori Balap

Adapun, ajang balap sepeda ini terbagi dalam dua kategori jarak tempuh, yaitu 124 kilometer dan 84 kilometer. 

Selain menawarkan sensasi Tour de France dan pemandangan alam Mandalika, rute balap sepeda yang disiapkan cukup menantang dengan elevasi pada race route dan ride route yang beragam.

Menurut Zacky, para peserta akan datang dari berbagai daerah di seluruh Indonesia, termasuk puluhan atlet dari Provinsi Nusa Tenggara Barat juga akan mengikuti lomba tersebut.

Dia menambahkan, sejumlah usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) lokal juga akan ikut memeriahkan acara internasional tersebut. Lebih lanjut, penyelenggara memastikan bahwa protokol kesehatan yang ketat akan diterapkan selama acara berlangsung.

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Beats Luncurkan PowerBeats Pro NBA75 Ivory Edisi Spesial

BERIKUTNYA

Suho EXO Rilis Video Teaser Terbaru, Potensi Comeback?

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: