Ilustrasi cokelat (Dok. Polina Tankilevitch/Pexels)

Ini 5 Manfaat Cokelat untuk Kesehatan

14 February 2022   |   14:33 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

4. Mengurangi risiko stroke

Ilmuwan Kanada, dalam sebuah penelitian yang melibatkan 44.489 orang, menemukan bahwa orang yang makan satu porsi cokelat, 22 persen lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami stroke dibandingkan mereka yang tidak. Selain itu, mereka yang mengonsumsi sekitar dua ons cokelat dalam seminggu juga memiliki kemungkinan 46 persen lebih kecil untuk meninggal akibat stroke.

Sebuah studi lebih lanjut yang diterbitkan dalam jurnal Heart pada tahun 2015, menganalisis dampak diet pada kesehatan jangka panjang dari 25.000 pria dan wanita. Temuan menunjukkan bahwa makan hingga 100 gram cokelat setiap hari dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.
 

5. Meningkatkan performa atletik

Cokelat dapat membantu atlet menempuh jarak lebih jauh sambil menggunakan lebih sedikit oksigen. Temuan yang diterbitkan dalam The Journal of the International Society of Sports Nutrition menunjukkan bahwa mengonsumsi sedikit dark chocolate mungkin bisa meningkatkan ketersediaan oksigen selama latihan kebugaran.

Para peneliti yang menganalisis pengendara sepeda di Inggris menemukan bahwa setelah makan dark chocolate, pengendara menggunakan lebih sedikit oksigen saat bersepeda dengan kecepatan sedang dan juga menempuh jarak lebih jauh dalam uji waktu dua menit yang stabil.

Para ilmuwan percaya bahwa keberhasilan dark chocolate dalam hal ini berkat kandungan flavonol yang dikenal sebagai epicatechins, yang meningkatkan pelepasan oksida nitrat dalam tubuh. Hal ini juga ditemui pada jus buah bit.

Editor: Fajar Sidik
1
2


SEBELUMNYA

Intel Kembangkan Cip Ramah Lingkungan untuk Penambangan Kripto 

BERIKUTNYA

Indonesia Terpililh sebagai Negara Terindah di Dunia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: