Ilustrasi daun kemangi (Dok. Damir Mijailovic/Pexels)

Kerap Jadi Lalap, Ternyata Ini 8 Khasiat Daun Kemangi

13 February 2022   |   09:08 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

5. Mencegah penyakit jantung

Kandungan eugenol dalam kemangi dapat menghambat saluran kalsium, sehingga membantu menurunkan tekanan darah. Ekstrak daun kemangi pada suplemen juga dapat membantu menurunkan kolesterol dan trigliserida. Hal ini membuat daun kemangi dipercaya dapat membantu mengurangi beberapa faktor risiko penyakit kardiovaskular. Selain itu,  Kemangi juga mengandung magnesium, yang dapat membantu meningkatkan aliran darah dengan membuat otot dan pembuluh darah menjadi rileks. 
 

6. Meningkatkan kesehatan mental

Kemangi tulsi adalah ramuan populer dalam pengobatan Ayurveda karena mengandung beberapa khasiat seperti meredakan stres, kecemasan dan depresi, meningkatkan kemampuan berpikir, mencegah kehilangan memori saat tua serta meningkatkan masalah tidur dan seks. 
 

7. Mengurangi peradangan 

Stres oksidatif dapat menyebabkan peradangan, termasuk beberapa penyakit berat seperti kanker, diabetes tipe 2 dan rheumatoid arthritis. Menurut sebuah penelitian pada 2017, sifat anti-inflamasi pada minyak esensial kemangi dapat membantu mengobati berbagai penyakit yang melibatkan peradangan akibat stres oksidatif.
 

8. Mencegah infeksi

Berbagai praktisi pengobatan tradisional telah menggunakan kemangi sebagai bahan antimikroba. Sebuah penelitian mencoba mengoleskan minyak kemangi ke berbagai jenis bakteri seperti Escherichia coli atau E. coli.

Bakteri tersebut berasal dari orang yang mengalami infeksi saluran pernapasan, perut, saluran kemih, atau kulit, serta dari peralatan rumah sakit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minyak tersebut aktif melawan bakteri tersebut. Para peneliti menyimpulkan bahwa minyak kemangi tertentu dapat membantu mengobati atau mencegah beberapa jenis infeksi.

Editor: Fajar Sidik
1
2


SEBELUMNYA

5 Spot Wisata Alam di Majalengka yang Menarik Dikunjungi

BERIKUTNYA

Gandeng Duo Livingroom, Laze Rilis Single Tempat Pulang

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: