Budapest Cake (Dok. Asahid TehYung/YouTube)

Resep Budapest Cake, Kue Lezat Asal Swedia

08 February 2022   |   10:22 WIB

Budapest Cake atau yang disebut juga Budapestbakelse sering disebut sebagai makanan khas yang berasal dari Ibukota Hongaria. Padahal, kue satu ini berasal dari Swedia. Sering disebut juga sebagai Budapest Roll, kue satu ini dibuat dengan meringue krim dan hazelnut panggang.

Adonan itu kemudian diisi dengan krim kocok dan irisan jeruk mandarin. Kue tersebut lalu digulung dan diberi topping dark chocolate yang dilelehkan, icing sugar, dan dark cocoa powder.

Mengutip tasteatlas, Selasa (8/2/2022), orang yang pertama kali memperkenalkan dessert lezat satu ini adalah koki pastry asal Swedia bernama Ingvar Strid.

Seiring perkembangan zaman, ada juga variasi Budapest Cake dari Finlandia yakni menggunakan pisang dan raspberry, bukan jeruk mandarin.Uniknya, di Swedia, setiap tanggal 1 Mei diperingati sebagai Budaoestbakelendag, hari ketika Budapestbakelse dirayakan. 

Buat Genhype yang penasaran cara membuat Budapest Cake, yuk intip resep dari salah satu cook vlogger, Asahid TehYung, berikut ini.
 

Bahan-bahan

6 butir putih telur atau sekitar 200 ml
200 gram gula putih
2 sdm tepung maizena
2 sdm tepung custard
¼ sdt ekstrak vanilla
¼ sdt garam
Kacang almond potong


Isian

100 gram bubuk whipped cream
200 ml air es
Jeruk mandarin secukupnya
Gula donat

Baca jugaResep Tradisional Trenette al Pesto ala Film Luca

g

Budapest Cake (Dok. Asahid TehYung/YouTube)

Cara membuat

  1. Kocok putih telur dan garam dengan menggunakan mixer kecepatan sedang sampai berbusa. Jika sudah, masukkan gula pasir sedikit-sedikit sambil terus dikocok hingga mengembang.
  2. Jika sudah mengembang, turunkan kecepatan mixer dan masukkan ekstrak vanilla, tepung maizena dan tepung custard dan aduk hingga merata.
  3. Tuangkan adonan ke dalam loyang kotak yang sudah dilapisi dengan kertas roti dan diolesi dengan margarin hingga merata, lalu taburkan dengan almond potong yang sudah disangrai.
  4. Panggang adonan kue dalam oven dengan suhu 170 derajat celcius selama 20 menit. Jika sudah mengembang, keluarkan dari loyang dan didinginkan.
  5. Kocok bubuk whipped cream dengan air es menggunakan mixer dengan kecepatan tinggi hingga mengembang kaku.
  6. Belah kue menjadi dua bagian. Satu bagiannya diolesi dengan whipped cream secara merata lalu tambahkan jeruk mandarin di atasnya lalu diolesi lagi dengan whipped cream.
  7. Jika sudah, tambahkan lagi dengan bagian kue yang satunya dan beri taburan gula donat di atasnya sampai merata. Sebelum dinikmati, masukkan kue terlebih dahulu di dalam kulkas.
Baca jugaResep Flourless Love Cake, Dessert Simpel untuk Hari Valentine

Editor: Avicenna
SEBELUMNYA

Nikmati Keheningan Nyepi di Bali dengan Pilihan Hotel Ini

BERIKUTNYA

Waduh, Puncak Es Berusia 2.000 Tahun di Everest Mencair 80 Kali Lebih Cepat

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: