Sanremo Music Festival 2022. (Dok. Teatro Ariston Instagram)

Sanremo Music Festival 2022, Kontes Musik Paling Populer di Italia

02 February 2022   |   22:49 WIB

Kontes musik paling populer di Italia, Sanremo Music Festival, akan kembali diadakan secara luring di Teatro Ariston di Sanremo, sebuah kota tepi laut di pantai barat laut Liguria, dengan 25 peserta yang akan berkompetisi pada 1-5 Februari 2022.

Tahun ini Sanremo akan kembali ke kapasitas penonton 100 persen, dengan tamu dilengkapi dengan Super Green Pass atau sertifikat vaksin COVID-19, berbeda dengan edisi 2021 yang diadakan tanpa penonton di teater kosong.

Acara yang resminya bernama Festival della canzone italiana di Sanremo ini diadakan setiap tahun sejak tahun 1951 dan menjadikannya kompetisi musik televisi tahunan terlama di dunia di tingkat nasional.

Sanremo yang merupakan inspirasi dibalik Eurovision Song Contest dan pemenangnya sering datang dari Italia. Adapun Eurovision tahun ini akan digelar di Turin pada 14 Mei 2022.

Selama bertahun-tahun Sanremo telah mendorong karir dari banyak artis Italia, di antaranya Andrea Bocelli, Laura Pausini, Eros Ramazzotti dan Zucchero, serta pemenang tahun lalu Mäneskin yang akan kembali sebagai tamu istimewa pada edisi ke-72 Sanremo.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Sanremo Rai (@sanremorai)


Namun, kesuksesan terbesar yang bisa diklaim Sanremo di kancah internasional mungkin Nel blu, dipinto di blu, yang dikenal sebagai Volare, sebuah lagu yang dibawakan oleh penyanyi-penulis lagu Domenico Modugno di Sanremo 1958 sebelum menggemparkan dunia.

Untuk acara tahun ini akan dipandu oleh pembawa acara Amedeo Sebastiani (Amadeus) di mana dia akan didampingi oleh komedian, Fiorello.

Seorang co-host akan memandu acara dengan Amadeus setiap malam, yang semuanya adalah tokoh terkenal di dunia showbiz seperti Ornella Muti, Lorena Cesarini, Drusilla Foer, Maria Chiara Giannetta dan Sabrina Ferilli.

Adapun, tamu spesial tahun ini, selain Mäneskin yang memenangkan Sanremo 2021 dengan Zitti e Buoni, juga akan mencakup penyanyi Checco Zalone, Laura Pausini, dan Cesare Cremonini. 

Asal usul Sanremo berasal dari Italia pasca-perang ketika festival diadakan untuk merevitalisasi ekonomi yang babak belur dan membentuk identitas budaya baru.

Antara tahun 1953 dan 1971 festival ini menyambut artis tamu dari luar negeri yang merilis lagu-lagu mereka ke pemirsa Italia.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Sanremo Rai (@sanremorai)


Di antara banyak artis internasional yang tampil di Sanremo merupakan nama-nama ikonik seperti Louis Armstrong, Stevie Wonder, Cher, Dionne Warwick dan Shirley Bassey.

Nantinya, setiap babak akan menampilkan kontestan menyanyikan lagu baru yang orisinal, yang belum pernah dirilis, dengan pemenang dipilih oleh juri dan pemungutan suara publik online. 25 kontestan yang dibagi menjadi dua grup, menampilkan lagu-lagu mereka selama dua malam pertama festival.

Pada hari Kamis (3/2) para kontestan kembali ke panggung untuk tampil lagi, sedangkan pada Jumat (4/2), malam mereka akan membawakan cover lagu-lagu Italia atau internasional yang direkam antara tahun 1960-an dan 1990-an.

Pada hari Sabtu (5/2) para penyanyi akan kembali membawakan lagu-lagunya sebelum pemenang diumumkan. Festival ini akan ditayangkan langsung di channel nasional RAI 1 setiap malam, mulai pukul 20:35 waktu setempat, dan secara streaming di Rai Play.


Editor: Gita
SEBELUMNYA

BAFTA Umumkan Nominasi EE Rising Star Award

BERIKUTNYA

Tayang 10 Maret 2022, Ini Sinopsis Film Mengejar Surga

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: